B U K I T T I N G G I
detail news

06 Oct,2024 05:10

Disdukcapil Buka Layanan Rekam Data di World Walking Day Tahun 2024

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bukittinggi buka stand ayo beralih ke IKD, kegiatan ini berlangsung dalam acara memperingati World Walking Day tahun 2024 di Gapura Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, Minggu, 6 Oktober 2024.

Identitas Kependudukan Digital (IKD) adalah informasi elektronik yang dapat digunakan sebagai pengganti KTP-el dalam Pemilu 2024. IKD merujuk pada sistem identitas digital yang digunakan untuk menggantikan KTP fisik. IKD menggunakan aplikasi berbasis smartphone yang memungkinkan individu untuk mengakses dan membuktikan identitas mereka secara elektronik.

Produk Identitas Kependudukan Digital (IKD) berupa aplikasi Digital ID. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store untuk Android dan di Apple App Store untuk pengguna IOS.

Pjs Walikota Bukittinggi, H, Hani S Rustam, mengajak seluruh warga Kota Bukittinggi untuk beralih ke Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dengan adanya aplikasi IKD maka segala akan lebih mudah daripada menggunakan identitas fisik KTP-el menggunakan IKD, ia yakin, bukan hanya pelayanan yang semakin mudah tetapi masyarakat juga akan lebih mudah ketika melakukan transaksi pelayanan publik atau privat hanya melalui telepon genggam.

"Ayo seluruh warga Kota Bukittinggi, mari kita gunakan identitas kependudukan digital. Banyak manfaatnya, mengurus apapun hanya dengan melalui handphone, semua bisa terealisasi. Hari ini dalam rangka World Walking Day, Disdukcapil kita juga buka layanan dibawah gapura ABS-SBK. Marj manfaatkan keaempatan ini," ungkapnya.