B U K I T T I N G G I
detail news

06 Oct,2024 04:10

Jalan Santai Peringati World Walking Day 2024

Pemerintah Kota Bukittinggi gelar jalan santai dalam rangka World Walking Day Tahun 2024. Kegiatan dimulai di gapura Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, Minggu, 6 Oktober 2024.

Kegiatan ini buka oleh Pjs Walikota Bukittinggi, H. Hani S Rustam, yang diikuti oleh Pjs TP PKK Bukittinggi, Ny. Hj. Merry Hani Rustam, unsur Forkopimda, instasi vertikal, ASN di lingkungan Pemko Bukittinggi serta masyarakat Kota Bukittinggi. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Nenta Oktavia, menjelaskan, kegiatan  ini dilaksanakan berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia perihal World Walking Day Tahun 2024 dan Festival Olahraga Masyarakat Nasional VIII Tahun 2025. Secara Historikal, adanya hari jalan kaki sedunia ini sudah digaungkan sejak tahun 1991, lebih kurang 33 tahun lalu. Dan untuk peringatan  World Walking Day Tahun 2024 ini, pertama kali dilaksanakan di Bukittinggi

"Pelaksanaan kegiatan world Walking day tahun 2024 ini terlaksana berkat kolaborasi SKPD dan BUMD, perbankan se Kota Bukittinggi. Rute World Walking day dimulai dari Glhapura Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, Simpang DPRD, Panorama, Simpang Tembok, Pasar Bawah dan kembali lagi ke gapura Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah," ungkapnya.

Pjs Wali Kota Bukittinggi, H. Hani S Rustam, menyampaikan, program World Walking Day diluncurkan secara global oleh The Association For Internasional Sport For All (TAFISA). Ini menjadi satu gerakan bersama untuk mengajak semua orang berjalan kaki sebagai bagian dari olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Untuk itu, dengan diperingati World Walking Day tahun 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat berjalan kaki. 

"Melalui kegiatan World Walking Day ini, kami ingin mengajak seluruh masyarakat Kota Bukittinggi untuk menggalakkan olahraga jalan kaki dalam kehidupan sehari-hari, demi menjaga kesehatan," ungkapnya

Dalam perjalanan, Pjs Wako pun menyempatkan diri berkunjung ke Dinas Kebakaran dan Penyelamatan serta Taman Panorama Lobang Jepang. Setelah jalan sehat, diberikan berbagai doorprize menarik bagi peserta.