B U K I T T I N G G I
detail news

05 Oct,2024 08:10

Upacara HUT TNI ke 79, Semangat Patirotisme TNI Diapresiasi

Bukittinggi --- Pemerintah Kota Bukittinggi bersama Kodim 0304 Agam, laksanakan upacara peringatan HUT TNI ke 79 tahun 2024. Upacara dilaksanakan di halaman Balaikota Bukittinggi, Sabtu (05/10).

Bertindak selaku inspektur upacara, Kasdim Mayor, Capt. Deswanto, membacakan, pidato Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, yang menyampaikan, Peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju". Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit ntegratif, profesional, responsif, yang modern dan adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju,” ungkapnya.

Panglima TNI juga mengingatkan pada seluruh prajurit, untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan yang kurang bijak akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

“Oleh karenanya, Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong-royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lainnya,” ujarnya.

Pjs Wali Kota Bukittinggi, H. Hani Syopiar Rustam, dalam kesempatan itu, menyampaikan, peran TNI dalam pengabdian dan dedikasi tanpa henti, menjadi kekuatan utama utuhnya NKRI. Perjuangan tanpa lelah untuk bangsa dan negara patut diapresiasi serta diteladani.

“Kami atas nama pemerintah kota dan masyarakat Bukittinggi, mengucapkan, Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke-79. TNI modern bersama rakyat, siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju. Semangat patriotisme itu, tentu harus dipertahankan. Pengabdian cinta tanah air  jadi inspirasi bagi generasi muda penerus bangsa Indonesia,” 

Pjs. Wako juga mengapresiasi kerja keras para Anggota TNI serta pihak yang terlibat lainnya, dalam menanggulangi bencana lahar dingin yang telah terjadi beberapa bulan lalu dan bencana alam lainnya. Selain itu, banyak kerja keras TNI di tengah masyarakat, yang patut diapresiasi dalam menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan di Kota Bukittinggi.

Pada kesempatan itu, Pjs Wali Kota Bukittinggi bersama Dandim 0304 Agam, serta unsur Forkpimda, menyerahan piagam penghargaan untuk lomba PBB tingkat SLTP piala Panglima TNI dengan tema menyatu dengan alam.  

Juara 1 sekaligus juara umum, SMP 2 Bukittinggi. Juara 2, diraih SMP 1 Standar Padang Luar. Juara 3, diraih MTSS Madinatul Munawarah. 

Lomba PBB tingkat SLTA piala Panglima TNI, dengan tema menyatu dengan alam, Juara 1 sekaligus juara umum, diraih oleh SMA 1 Bukittinggi, juara 2, SMA 2 Bukittinggi dan juara 3 SMA 3 Bukittinggi.

Selanjutnya, Dandim 0304 diwakili memberikan piagam penghargaan kepada H. Nelson Septiadi atas dedikasinya terhadap peran serta dan kerjasama dalam penanggulangan bencana di wilayah Kodim 0304 Agam.

Selanjutnya, piagam penghargaan diberikan kepada Haji Zulkirwan Rifa’i atau Haji Buyung atas bantuan dan partisipasi dalam pembangunan lapangan tembak.

Penghargaan yang ketiga diberikan kepada KSB Nagari balingka sampai Koto atas dedikasi dan peran serta serta kerjasama dalam penanggulangan bencana.

Penghargaan yang keempat diberikan kepada kelompok saudagar Minang atas dedikasi dan peran serta dan kerjasama dalam penanggulangan bencana di wilayah Kodim 0304 Agam.

Penghargaan kelima diberikan kepada Serda Heri Prasetyo sebagai Babinsa terbaik yang berdedikasi tinggi dan berhasil melaksanakan Binter di wilayah binaan Kodim 0304 Agam.

Sementara itu, Pjs Wako, juga berikan penghargaan pada Sertu Hendry Dunan, sebagai Babinsa terbaik dalam penanganan bencana banjir lahar dingin. Penghargaan juga diberikan pada Danramil 01/Bukittinggi serta anggota, atas kerja keras dalam penanganan bencana banjir lahar dingin. (*)