B U K I T T I N G G I
detail news

10 Jan,2022 13:01

Realisasikan Visi Misi HEBAT Pendidikan, Siswa SMA dan SMK Bukittinggi Bebas Iuran Komite Bulanan

Pemko Bukittinggi di tahun 2022 luncurkan program Bantuan Keuangan Khusus untuk Siswa SMA dan SMK. Hal ini disampaikan oleh Wako Erman Safar saat memimpin Upacara Bersama Seluruh Siswa SMA/SMK se-Bukittinggi di Lapangan Wirabraja 0304/Agam, Senin (10/1).  

“Pemko Bukittinggi merasa berkewajiban untuk ikut memperhatikan dan mensejahterakan warga kota Bukittinggi di bidang pendidikan melalui subsisi bagi siswa SMA/SMK dan SLB Negeri untuk sisiwa yang ber-KK (Kartu Keluarga) atau ber-KTP Bukittinggi,” ungkap Wako Erman.

“Pada tahun 2022 ini, konsentrasi Pemko adalah meringankan beban masyarakat selama situasi sulit akibat pandemi dalam bentuk bantuan nyata. Bantuan keuangan khusus ini merupakan bagian dari program Bukittinggi Hebat, yaitu Hebat dalam Sektor Pendidikan yang juga telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2021-2026,” terang Wako.

Lebih lanjut Wako Erman menyampaikan jumlah besaran bantuan tersebut adalah sebesar iuran komite yang perlu dibayarkan para siswa yang ditetapkan untuk tahun 2022 oleh Komite bersama Sekolah dan/ atau Yayasan bagi sekolah swasta.  “Adapun besarannya adalah maksimal Rp200.000,- per-siswa per- bulan bagi siswa SMK dan Rp150.000,- per-siswa per-bulan untuk SMA dan SLB,“ pungkas Wako. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Drs. Melfi, M.Si. turut menjelaskan teknis penyerahan Bantuan Keuangan Khusus tersebut. “Besaran riil akan ditransfer per-triwulan akan disesuaikan dengan hasil verifikasi dan permintaan kebutuhan sesuai ketentuan yang berlaku,” sebut Melfi. Sedangkan untuk siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN), lanjut Melfi, juga akan diberikan bantuan namun dengan jumlah yang sama dengan teknis yang berbeda karena MAN berada di bawah instansi vertikal dengan regulasi yang berbeda

Walikota Erman mengharapkan dengan adanya bantuan ini para siswa dan orang tua yang merupakan warga Buktitinggi tidak terbebani lagi dengan biaya operasional sekolah. “Semua siswa diharapkan jadi lebih semangat dan giat menuntut ilmu, dan semoga para orang tua teringankan satu bebannya,” harap Wako. Dalam upacara tersebut Walikota Erman Safar juga bersilaturrahmi dengan guru SMA/SMK Negeri dan Swasta se Kota Bukittinggi.