B U K I T T I N G G I
detail news

09 Nov,2021 16:11

Wako Dukung Taman Baca Mutiara Hati Sebagai Pusat Informasi Sahabat Anak

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar kunjungi Taman Baca Mutiara Hati di Panorama Baru, Kelurahan Puhun Pintu Kabun, Selasa, (9/11/2021). Selain beramah tamah, Wako juga meninjau secara langsung kondisi Taman Baca Mutiara Hati yang sedang menjalani proses verifikasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) sebagai Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), yakni pusat informasi yang memfokuskan pada penyediaan informasi terintegrasi yang dibutuhkan anak, dengan pendekatan pelayanan yang juga ramah anak. Keberadaan PISA juga merupakan salah satu indikator Kabupaten/Kota Layak Anak, yang mana Kota Bukittinggi telah dianugerahi penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya dari Kemen PPPA, Juli lalu.

Wako Erman Safar yang memang menaruh perhatian khusus terhadap perkembangan literasi di Kota Bukittinggi, khususnya bagi anak-anak, ungkapkan rasa kagum dan bangga dengan keberadaan Taman Baca Mutiara Hati, yang merupakan satu-satunya taman baca di Kota Bukittinggi. “Saya pikir, Taman Baca Mutiara Hati ini dikonsep dengan luar biasa. Dengan konsep outdoor (luar ruangan), suasana alami akan dapat meningkatkan minat baca anak-anak,” ujar Wako. “Apalagi tadi saya lihat juga ada kolam ikan, kebun buah, sayur-sayuran, serta area bermain, ini tentunya menambah keasyikan anak-anak belajar sekaligus bermain di sini,” sambungnya. Wako Erman Safar bahkan menghimbau agar murid TK dan SD di Kota Bukittinggi untuk mengunjungi Taman Baca Mutiara Tersebut.

“Dari peninjauan yang saya lakukan tadi, saya jumpai koleksi buku bacaan anak masih kurang, perlu ditambah  lagi. Kemudian, penempatan buku-nya menurut saya agar dapat ditata sesuai dengan jenis atau kategori, sehingga dapat memudahkan anak-anak kita untuk memilih buku sesuai dengan minatnya,” sebut Wako. Dalam kesempatan tersebut, Wako Erman Safar juga menyerahkan bantuan buku bacaan anak dari Kemen PPPA sebanyak 3 (tiga) paket.  

Taman Baca yang yang dibangun oleh Nofi Ferdian pada tahun 2017 tersebut telah banyak dikunjungi oleh berbagai pihak, baik mancanegara maupun dari luar Bukittinggi, untuk sekedar berkunjung melihat taman baca bernuansa alami tersebut, maupun untuk mempelajari konsep pengelolaannya. 

Dalam kesempatan berdialog dengan Wako Erman Safar, Nofi Ferdian menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan Pemko melalui SKPD terkait terhadap Taman Baca yang ia rintis dan dirikan 4 tahun sliam. Lebih lanjut Ia mengungkapkan, Taman Baca Mutiara Hati sejauh ini telah dikunjungi tamu dari 24 negara yang umumnya berasal dari Eropa. Nofi juga sebutkan, pihak Kemen PPPA juga telah mengunjungi Taman Baca tersebut pada 2020 lalu dan memberikan respon positif. Kemen PPPA, sebut Nofi, mengapresiasi Taman Baca yang dikelolanya, karena selain menyediakan bahan bacaan untuk anak-anak, juga menyelenggarakan aktivitas tambahan yang bersifat edukatif, seperti kegiatan menanam sayur-sayuran, tahfiz qur’an, dan lainnya. Hal ini yang membuat Taman Baca Mutiara Hati berbeda dibandingkan taman baca lainnya di Indonesia menurut Kemen PPPA, sebut Nofi.

Wako Erman Safar yang dalam kunjungan tersebut juga didampingi oleh beberapa Kepala SKPD, seperti Kepala Dinas P3APPKB, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Mandiangin Koto Salayan, Lurah Puhun Pintu Kabun, dan lainnya, menginstruksikan agar SKPD terkait memberikan dukungan secara berkesinambungan kepada Taman Baca Mutiara dalam upaya mewujudkan Taman Baca tersebut sebagai PISA yang ramah anak. 

 

Foto: dokumentasi Dinas Kominfo (Agid/Bayu)