B U K I T T I N G G I
detail news

04 Nov,2021 09:11

Wako Serahkan Beasiswa Sarjana Kaderisasi Ulama

Sebanyak sembilan calon mahasiswa Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, yang berasal dari Kota Bukittinggi menerima Zakat Beasiswa Sarjana Kaderisasi Ulama dari Wali Kota Bukittinggi dan Badan Amil Zakat Nasional (Bazasnas) Kota Bukittinggi, Rabu, (3/11/2021), di Balai Kota Bukittinggi, Gulai Bancah.

Wako Erman Safar mengatakan pemberian beasiswa ini merupakan komitmennya untuk terus mendukung dunia pendidikan, terutama pendidikan agama Islam. "Adik-adik kita ini sangat patut kita bantu. Mereka insan yang luar biasa, karena untuk dapat lolos ke Universitas Al Azhar itu terbilang sulit. Mereka calon ulama masa depan, ahli waris para nabi di masa depan, insyaallah," ujar Wako.

Zakat beasiswa yang diterima para calon mahasiswa tersebut berjumlah total Rp72 juta, atau sebesar Rp8 juta untuk masing-masing. Wako sebutkan pemberian beasiswa ini sebagai penanda harapan bagi putra putri Bukittinggi yang ingin melanjutkan studi agama Islam di Kairo. Selama ini calon mahasiswa yang lulus ke Kairo banyak terkendala kebutuhan biaya awal untuk berangkat ke sana. "Semoga dengan bantuan beasiswa ini beban adik-adik kita dan keluarganya bisa diringankan,” ujar Wako Erman Safar.

Wako Erman Safar juga berpesan kepada calon mahasiswa tersebut agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, sehingga sepulangnya nanti dapat mengamalkan apa yang diperoleh dari Mesir untuk masyarakat. "Siapa yang berjalan untuk menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju surga," kata Wako.

Kesembilan calon mahasiswa Universitas Al Azhar, Mesir, dari Kota Bukittinggi itu adalah: Fauzan Reza Romadhonasmoro, Humaida ‘Adillah Putri, M. Rizki Ramadhani, Dina Zakia Rosman, Dian Fajri, Rayhan Rahma Zaky, Hafifah Nabila Husna, Ahmad Gani Malgum, dan Muhammad Faiz Ihsan. 

 

Foto: dokumentasi Kabag. Kesra Setda