B U K I T T I N G G I
detail news

10 Aug,2021 15:08

Calon Paskibraka Kota Bukittinggi Mulai Jalani Pemusatan Latihan Tahap II

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar hari ini, Selasa, (10/08/2021), memimpin apel kegiatan Pemusatan Latihan Tahap II Bagi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bukittinggi Tahun 2021, yang dilaksanakan di Hotel Dymens, Bukittinggi. Sebanyak 54 calon Paskibraka Bukittinggi, yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas di Bukittinggi, akan mengikuti kegiatan pemusatan latihan tahap II, atau biasa disebut dengan istilah ‘tantingan’.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Bukittinggi, Nenta Oktavia, menjelaskan, kegiatan ini merupakan latihan tahap II bagi calon anggota Paskibraka. Hotel Dymens dipilih sebagai Desa Bahagia, atau tempat pemusatan latihan tahap II, dari tanggal 10—18 Agustus. Sebelumnya, sebut Nenta, kegiatan pelatihan tahap I  telah dilaksanakan dari tanggal 1—9 Agustus 2021 lalu.

“Pada kegiatan pelatihan ini, para calon Paskibraka akan dilatih untuk percaya diri, mencintai bendera, wawasan Nusantara dan bagaimana menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya. Kita juga melatih diri mereka untuk menjadi seorang yang mandiri dan bertanggung jawab,” ujar Nenta. “Latihan fisik tetap, tapi lebih kepada bagaimana cara mengatasi dan menempatkan diri di lingkungan,” jelasnya lagi.

Dalam taklimatnya saat mengambil apel, Wako Erman Safar sebutkan tugas sebagai Paskibraka merupakan tugas negara. Tugas tersebut juga merupakan amanah yang diberikan Pemko kepada para calon anggota Paskibraka. “Nantinya, Paskibraka Bukittinggi akan membawa duplikat Bendera Pusaka yang hanya ada 3 daerah di Indonesia nantinya yang memiliki kesempatan untuk mengibarkannya, yaitu di Jakarta, Yogyakarta dan Bukittinggi,” ungkap Wako. “Hal ini karena tiga daerah itu pernah menjadi ibukota Indonesia. Makna yang terdalam, tentunya bagaimana generasi muda dan seluruh calon anggota Paskibraka, dapat menjaga keutuhan negara Indonesia,” ujar Wako. Lebih lanjut, dalam taklimatnya Wako Erman Safar berpesan agar seluruh calon Paskibraka dapat menjaga kesehatan dan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Wako juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pelatih yang telah memberikan ilmu kepada calon anggota Paskibraka Bukittinggi. (fika)