B U K I T T I N G G I
detail news

09 Jun,2021 14:06

Terima Kunjungan Direktur Universitas Terbuka Padang, Wako Bahas Upaya Peningkatan Kualitas SDM

Wali Kota Bukittinggi, H. Erman Safar, S.H., menerima audiensi Direktur Universitas Terbuka (UT) Padang, Prof. Dr. Karnedi, S.S, M.A, Selasa, (08/06/2021), di Balai Kota, Gulai Bancah. Pada kesempatan tersebut Direktur UT Padang didampingi Dr. Fatia Fatimah, S.Si, M.Pd. (Manjer Bantuan Belajar dan Bahan Ajar), Fitria, S.E. (Kabang Tata Usaha) dan Drs. Ahmad Saimi, M.Pd selaku Ketua Pokjar UT Kota Bukittinggi.


Direktur UT dalam dialognya dengan Wako menyampaikan pentingnya upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan memberikan akses pendidikan tinggi kepada seluruh warga masyarakat. Universitas Terbuka sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indoneisa, dengan kekhasannya, sebut Prof. Karnedi, telah menjadi penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh, sekaligus telah berpengalaman puluhan tahun dalam upaya meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi nasional dengan fleksibelitas proses pembelajarannya dan biaya yang terjangkau.


Lebih lanjut, Prof. Karnedi juga mengutarakan, Universitas Terbuka berada di seluruh wilayah  Indonesia serta luar negeri. Hal jni tentunya akan memberikan kemudahan kepada warga masyarakat dalam memeroleh akses pendidikan tinggi. Universitas Terbuka juga memberikan beasiswa berupa bidik misi dan CSR, khususnya bagi mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki integritas yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan.


Wako Erman Safar sebutkan pentingnya soft skills masuk ke dalam kurikulum pendidikan. “Jika seorang anak SD, katakanlah, memiliki uang sejumlah Rp5.000,- pergi ke warung hanya dapat air mineral, maka sebagai orang yang cerdas seharusnya sudah terpikir bagaimana caranya dengan uang sejumlah tersebut ia dapat memiliki warung dan sekalian tanahnya, tentunya dengan cara yang legal,” ujar Wako bercanda memberikan perumpamaan. Pertemuan yang berlangsung hangat dan akrab tersebut diakhiri dengan pemberian cendera mata dari Direktur UT Padang kepada Wako. (AS)