B U K I T T I N G G I
detail news

01 Jun,2021 12:06

Audiensi Dengan Wako, Pengurus KONI Bukittinggi Harapkan Dukungan Untuk PORPROV 2022

Wako Erman Safar, Senin (31/05/2021), menerima kunjungan audiensi Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bukittinggi di Balai Kota, Gulai Bancah. Kunjungan pengurus KONI Kota Bukittinggi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum KONI Kota Bukittinggi, Dhipa Arkendi. Dalam audiensi tersebut tampak Wako Erman Safar didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Supadria, beserta jajaran di lingkup Dinas Parpora Kota Bukittinggi.

Dhipa Arkendi mengatakan pertemuan ini dilakukan dalam rangka koordinasi dan silaturahmi KONI Kota Bukittinggi dengan Wali Kota guna membicarakan upaya pengembangan serta penguatan kebersamaan antara Pemko dengan KONI dalam mencapai target prestasi.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Wali Kota yang telah menerima pengurus KONI dan berharap adanya pencerahan dan mendapatkan masukan untuk pengembangan KONI ke depannya,” sebut Dhipa. “Meskipun saat ini masih suasana pandemi Covid-19, KONI Kota Bukittinggi yang membawahi 37 cabang olahraga tetap bersemangat dan dana hibah dari Pemko senilai Rp.1 milyar pada tahun 2021 ini akan difokuskan untuk kegiatan cabang olahraga dan pembinaan, serta biaya operasional,” lanjutnya.

Dalam audiensi tersebut juga disinggung soal kesiapan KONI Kota Bukittinggi sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat tahun 2022. KONI mengharapkan dukungan Pemko setidaknya 3 (tiga) cabang olahraga dapat dilaksanakan di Bukittinggi. KONI juga optimis posisi Bukittinggi sebagai tiga besar di Sumbar saat ini dapat dipertahankan dan berharap bisa lebih baik lagi.

Wako Erman Safar mengatakan, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi merupakan tanggungjawab bersama. KONI yang merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah dan pembina olahraga prestasi kedudukannya strategis dan dibutuhan masyarakat.   

“KONI Bukittinggi sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah untuk pembinaan olahraga prestasi, dengan adanya alokasi dana (hibah) ini harapan kami agar bisa dipakai untuk yang bermanfaat terhadap cabang olahraga dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembinaan anak-anak,” ujar Wako. “Dengan kondisi sulit di masa pandemi saat ini para pengurus KONI harus tetap semangat untuk memajukan olahraga di Kota Bukittinggi dan kita berharap agar pandemi ini segera berakhir”, lanjutnya. 

Pada kesempatan tersebut, Wako juga meminta konsep sport tourism dari KONI agar kegiatan keolahragaan juga dapat menunjang kepariwisataan di Bukittinggi sehingga berdampak kepada perekonomian masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Wako juga menerima masukan dan saran dari jajaran Dinas Parpora serta pengurus KONI yang hadir sehubungan upaya peningkatan pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Bukittinggi.

“Insyaallah beberapa masukan akan kita cermati dan akan diakomodir. Begitupun apabila sarana dan prasarana memenuhi standar, kita siap untuk menjadi tuan rumah beberapa cabang olahraga Porprov”, ungkap Wako. (Ylm)