B U K I T T I N G G I
detail news

22 Apr,2021 14:04

Menparekraf Sandiaga S. Uno Tinjau Langsung Kondisi Sektor Pariwisata dan Ekraf Bukittinggi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga S. Uno, Kamis (22/04/2021) berkunjung ke Bukittinggi. Kunjungan ke Bukittinggi  tersebut merupakan bagian dari agenda kunjungan kerja Menparekraf ke Sumatera Barat dalam rangka menindaklanjuti hasil pertemuan Menparekraf dengan 11 Bupati dan Wali Kota di Sumatera Barat beberapa waktu lalu di Jakarta membahas upaya percepatan kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Barat.

Wako Erman Safar dan Wawako Marfendi beserta unsur Forkopimda Kota Bukittinggi mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno dalam melakukan peninjauan ke beberapa destinasi wisata di Bukittinggi. Selain itu, tampak juga Wagub Sumbar Audy Joinaldy, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Ade Rizky Pratama dan Andre Rosiade turut serta dalam rombongan. Agenda kunjungan Menteri Sandiaga Uno ke Bukittinggi diisi dengan peninjauan ke kawasan Jam Gadang, Taman Panorama dan desa wisata Manggis Gantiang.

Menteri Sandiaga Uno ungkapkan, kunjungan yang dilakukannya akan memfokuskan peningkatan aspek pariwisata dalam membuka peluang untuk membangkitkan serta memulihkan ekonomi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. “Bukittinggi selalu menjadi (tempat) perhentian kunjungan yang paling banyak dilakukan para menteri dan pengusaha. Secara konkrit yang bisa dikerjakan saat ini adalah memulihkan dan membangkitkan ekonomi Bukittinggi setelah satu tahun merasakan dampak yang memprihatinkan akibat pandemi Covid 19,” ujarnya. 

Dikutip dari akun media sosialnya, Menteri Sandiaga ungkapkan bahwa Bukittinggi-Padang dan sekitarnya ditentukan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Pengembangan (DPP) dalam RPJMN 2020-2024. Ia juga mengungkapkan, melalui program desa wisata serta adaptasi teknologi digital, Ia optimis hal tersebut  dapat menciptakan banyak peluang usaha serta lapangan kerja dalam menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Barat.

Wako Erman Safar dalam keterangannya sebutkan, kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno menjadi penyemangat, simbol serta bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat melalui Kemenparekraf terhadap pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi. Lebih lanjut, Wako juga menyampaikan, hadirnya infrastruktur pariwisata seperti gedung pertemuan dengan standar nasional di Bukittinggi akan dapat meningkatkan perekonomian Bukittinggi, bahkan bisa menjadi kota rekomendasi penyelenggaraan pertemuan skala nasional.