B U K I T T I N G G I
detail news

25 Feb,2020 16:02

Wako : Pembangunan RSUD Merupakan Sinergi Program Kesehatan Pemko Dengan Program JKN-KIS

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS Kesehatan Cab.Bukittinggi menyelenggarakan sosialisasi bagi tokoh masyarakat, Selasa (25/02) bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota Bukittinggi. Acara yang dihadiri sebanyak 150 peserta tersebut diikuti oleh unsur ninik mamak, cadiak pandai dan bundo kanduang.

 

Dalam sambutannya, Walikota Ramlan Nurmatias mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut mengingat masih terdapatnya misinformasi ditengah masyarakat tentang program JKN-KIS. Lebih lanjut, Wako Ramlan juga menyampaikan pentingnya bagi masyarakat untuk mendaftar dalam program JKN-KIS. “Tidak dimungkiri, biaya untuk pengobatan cukup mahal. Oleh karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk mendaftar dalam program JKN-KIS karena dengan hal tersebut masyarakat memeroleh jaminan pelayanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau” ujar Ramlan. Dalam kesempatan tersebut Wako juga memaparkan keterkaitan pembangunan RSUD dengan JKN-KIS. “Kebijakan Pemko membangun RSUD dengan tipe C merupakan salah satu upaya untuk mensinergikan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan program JKN-KIS, karena pelayanan JKN-KIS hanya dapat diterima di rumah sakit tipe C. Oleh karena itu, insyaallah, pembangunan RSUD kita lanjutkan kembali tahun ini”.

 

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Yessi Rahmi, memaparkan bahwa peserta JKN-KIS wilayah Kota Bukittinggi terbilang cukup tinggi. Sampai Januari 2020 tercatat sebanyak 109.990 jiwa yang terdaftar sebagai peserta atau 92% dari jumlah penduduk.

 

Sosialisasi bagi tokoh masyarakat diselenggarakan oleh BPJS dengan harapan program JKN-KIS dapat terinformasikan kesegenap elemen masyarakat. “Kami mengharapkan Inyiak, Bundo Kanduang serta peserta yang hadir dalam kegiatan ini turut menyampaikan pentingnya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, menghimbau agar pembayaran iuran JKN dilakukan dengan lancar dan yang tidak kalah pentingnya, mempromosikan pola hidup sehat” ujar Yessi.