B U K I T T I N G G I
detail news

03 Oct,2019 17:10

LP2M UNP Lakukan Penelitian dan Pengabdian di Kota Bukittinggi, Kab.Agam, Pasaman dan Pasaman Barat

Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di 4 (empat) daerah, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II UNP Ir.Syahrial, Msc, Phd di aula Badan Keuangan Kota Bukittinggi, Kamis (3/10).

Terlihat hadir Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Nagari Kabupaten Agam Teddy, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabpaten Pasaman, Dekan dan Dosen peneliti, SKPD Pemko Bukittinggi, Camat dan Lurah se-Kota Bukittinggi.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang Prof. Yasri dalam laporannya mengatakan kegiatan penelitian yang akan dilakukan di empat daerah Kota Bukitinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat akan melakukan kegiatan penelitian sebanyak 20 judul penelitian dan pengabdian masyarakat sebanyak 59 judul dengan total anggaran yang disediakan UNP sebanyak Rp.2.003.425.000,-

“kedepan kami berharap kita tingkatkan kerjasama ini, apabila sekarang dananya baru disiapkan UNP dan mudah-mudahan kedepan bisa sharing baik kegiatannya maupun pendanaannya” ujarnya.

Kemudian ditambahkan Prof. Yasri bahwa dosen yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 550 orang dengan melibatkan juga mahasiswa dan anggota masyarakat diperkirakan mencapai 1.750 orang.

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih atas dipilihnya Kota Bukittinggi, Kab.Agam, Kab,Pasaman dan Kab,Pasaman Barat sebagai lokasi kegiatan penelitian dan pengabdian daripada UNP.

“perguruan tingggi sebagai pusat intelektual yang ada di daerah tentu punya pemahaman, punya pengetahuan lebih dari kami yang ada dijajaran pemerintah baik Kabupaten maupun Kota yang ada di Sumbar ini, untuk itu harapan kami kedepan UNP dapat menjadi Lab-nya pemerintah karena banyaknya masalah – masalah yang ada di Pemerintah, disamping itu kurangnya kemampuan SDM di daerah dan kerjasama tersebut mungkin lebih bisa dikongritkan dan kedepan tidak tertutup kemungkinan termasuk dalam rekruetmen SDM”, sebutya.

Sesuai dengan focus penelitian yang dilakukan terhadap infrastrutur, sarana prasarana, budaya, teknologi tepat guna dan pengembangan SDM, Wakil Walikota Irwandi berharap hasil penelitian yang dilakukan tersebut bisa di implementasikan nantinya di daerah.

“kepada peneliti yang ikut meneliti di empat daerah ini tentunya kami berharap hasilnya betul – betul tidak hanya untuk kebutuhan akademik, tetapi yang paling penting adalah kebutuhan kami, sehingga kami bisa mengimplementasikannya, ini adalah harapan besar mudah – mudahan ini bisa dikongritkan”, ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor II UNP Syahril menyambut baik ungkapan yang disampaikan Wakil walikota Bukittinggi agar penelitian – penelitian kedepan tidak hanya bersifat keilmuan tetapi dapat diterapkan di pemerintah daerah.

“selama ini kita membuat penelitian dan pengabdian bersifat keilmuan, bagaimana kedepan kita membuat program kemitraan ini yang bersifat aplikasi, terapan yang betul – betul bisa menyentuh kebutuhan masyarakat, bisa diimplementasikan, bisa dirasakan dan dimanfaatkan”, ujarnya.

kemudian dilanjutkan, “Jadi kedepan perlu kita bangun sinergi yang bisa melibatkan dan berbasis kebutuhan masyarakat oleh karena itu kita sangat mengharapkan dan menghimbau apa yang telah disampaikan pak wawako tadi ini hendaknya kita sambut, kita implemetasikan ditahun - tahun berikutnya yang memberikan manfaat yang luas untuk kebutuhan masyaraat di daerah”, katanya.

Terakhir Syahril berharap, “kepada peneliti dan pengabdi UNP agar tidak mensia – siakan uang yang telah diberikan oleh Negara, sebagai peneliti mari kita implementasikan sebaik – baiknya, kita pertanggungjawabkan dan kita laksanakan sesuai dengan harapan UNP, dan kepada masyarakat tempat kami mengabdi terima kasih atas bantuan dan layanannya, mudaha- mudahan penelitian dan pengabdian ini sesuai dengan harapan”, pungkasnya. (Ylm)