B U K I T T I N G G I
detail news

26 Aug,2019 10:08

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias Kandidat Penerima Anugerah Nirwasita Tantra 2019

Keberhasilan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup, menjadikannya sebagai kandidat yang akan menerima Anugerah Nirwasita Tantra tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Setelah melalui penilaian yang sangat ketat terhadap Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Kota Bukittnggi dan validasi serta akurasi data, pada tahap ketiga ini sebagai nominator Walikota Ramlan Nurmatias bersama Ketua DPRD Bukittinggi Asri Bakar mempresentasikan dan memaparkan program dan kebijakan pengelolaan lingkungan di kota Bukittinggi dihadapan panelis independen Prof.DR. Hariadi Kartodihardjo, Dr. Suryo Adiwibowo, Henri Subagio, SH, MH, dan Chalid Muhammad, SH tentang DIKPLHD di Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Jakarta, Senin (19/8).

“Alhamdulillah, saat ini kita sampai pada tahap penilaian presentasi, sebagai kepala daerah nominator wajib mempresentasikan program yang mendorong percepatan perbaikan kualitas lingkungan. Pada penilaian tersebut dipaparkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup kota Bukittnggi sesuai program dan kebijakan terhadap 4 (empat) isu prioritas dari 10 (sepuluh) isu strategis yakni meliputi Peningkatan Timbulan Sampah, Penurunan Kualitas Air Permukaan, Ketersediaan Air Bersih dan Pengelolaan Limbah Domestik, maupun visi dan misi pemerintah kota”, kata Walikota Ramlan.

Disamping itu Ramlan juga memaparkan Strategi dan Inovasi dalam menangani isu strategis yang melibatkan berbagai unsur lapisan masyarakat, baik pemerintah, swasta, masyarakat, relawan, dan komunitas. Mulai dari revitalisasi pedestrian taman Jam Gadang dan Pasar Atas, penataan kawasan kumuh, program kampung iklim, peningkatan partisipasi masyarakat melalui Manunggal Sakato 2019 yang tahun ini sukses mewujudkan semangat gotong royong dan swadaya masyaraat senilai 16,2 milyar lebih hingga program Sekolah Keluarga yang digagas oleh Ketua TP PKK menjadi salah satu program unggulan yang digulirkan dan berdampak besar bagi perbaikan kualitas lingkungan di Bukittinggi.

Walikota Ramlan terlihat sangat siap dalam menyampaikan materi presentasi dan tanya jawab mengenai kinerja pengelolaan lingkungan hidup serta dukungan pimpinan DPRD dalam menyerap dan mengartikulasikan kepentingan masyarakat seperti dalam pembuatan peraturan daerah, pengawasan anggaran, serta menjalankan otoritas fungsi legislatif dalam meningkatkan kinerja lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam mendapatkan apresiasi tersendiri dari para juri dan telah melahirkan optimistis anugerah Nirwasita Tantra tahun 2019 akan bisa kembali diraih oleh Bukittinggi untuk kedua kalinya setelah tahun 2017 yang lalu.

Turut mendampingi walikota Asisten Administrasi Umum Setda Zet Buyung, Ka. Dinas Lingkungan Hidup Nofrianto CH, Ka. Dinas Perkim Supadria, Sekwan Hermasyah, Ka.Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan M.Idris, Direktur PDAM Murdi Tahmam dan ketua TP.PKK Yesi Hendriani Ramlan. (Ylm)