B U K I T T I N G G I
detail news

30 Jul,2019 08:07

GOW Bukittinggi Gelar Sosialisasi Mencegah Low Back Pain dengan Hidup Sehat dan Mandiri

Gabungan Organsiasi Wanita (GOW) Kota Bukittinggi menggelar sosialisasi bertemakan “Cegah Low Back Pain dengan Hidup Sehat dan Mandiri” yang dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Irwandi bertempat di Hall Badan Keuangan Jalan Sudirman Bukittinggi, Senin (29/7).

Sosialisasi yang menghadirkan nara sumber Dr.Ruhaya Fitrina, Sp.S spesialis syaraf dari RSUP Bukittinggi ini diikuti lebih kurang oleh 250 orang anggota dan pengurus GOW serta undangan lainnya.

Ny.Khadijah Irwandi selaku ketua GOW kota Bukittinggi menjelaskan bahwa tujuan daripada sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia anggota dan pengurus  organisasi wanita di Bukittinggi, untuk bagaimana hidup sehat, sejahtera disamping itu untuk meningkatkan peran serta wanita dalam pembangunan untuk mewujudkan masyarakat sehat dan juga dalam rangka mendukung visi dan misi kota Bukittinggi.

“kegiatan ini adalah salah satu  program kerja GOW tahun 2019, sengaja diambil tema untuk pencegahan low back pain ini, karena rata – rata umur daripada anggota dan pengurus GOW sudah mencapai 50 tahun dan nyeri tulang belakang secara umum sangat berdampak pada usia 50 tahun keatas, hal tersebut kalau tidak dicegah dari dini akan berlanjut lebih parah lagi”, sebutnya.

Kemudian Khadijah juga menyampaikan bahwa diangkatnya tema ini guna mencegah terjadinya kerusakan - kerusakan fisik di masyarakat untuk menuju kehidupan yang sehat dan sejahtera, untuk itu agar lebih awal menjaga, karena masa muda akan berdampak pada masa tua, ungkapnya.

Sementara itu Wakil Walikota Irwandi mengapresiasi digelarnya sosialisasi ini dan melihat kehadiran serta antusias para ibu – ibu anggota GOW untuk mengikuti, apapun kegiatan dikota ini mulai dari kegiatan PKK, Dharma wanita, Bundo Kanduang dan juga kegiatan yang diadakan oleh PWK selalu ramai dan diikuti dengan serius.

“apapun kegiatan yang dilakukan, kami merasakan sekali dukungan ibu – ibu dari berbagai organisasi yang ada terhadap kegiatan pemerintah kota, kegiatan hari ini sangat kita dukung apalagi masalah kesehatan, ini sangat penting sekali mengingat usia diatas 50 tahun banyak penyakit yang ada, kita ingin selalu hidup sehat, jangan sampai kehidupan kita nantinya akan menjadi beban apakah bagi anak, bagi keluarga, untuk itu kita harus menjaga kesehatan itu dengan baik, apalagi masalah low back pain, tulang belakang, jadi bagaimana upaya – upaya preventif dan kuratif nantinya dilakukan”, ungkap Wawako.

Wawako Irwandi juga berharap kepada peserta ilmu yang didapat hari ini nantinya juga disosialisasikan kepada anggota yang lain, ini sangat menarik, masalah kesehatan bukan hanya masalah peremuan tetapi juga laki - laki dan muda-mudahan dalam waktu yang berbeda ada lagi sosialisasi yang dilakukan, apalagi kita di Bukittinggi dengan adanya sekolah keluarga dengan 8 fungsi keluarga itu betul – betul bermanfaat, dirasakan dampakanya yang luar biasa oleh masyarakat, ujarnya.

Kepada peserta Irwandi juga berpesan agar bertanya sepuas – puasnya kepada nara sumber apa yang menyangkut dengan tulang belakang dan juga yang lain menyangkut syaraf agar nantinya forum ini akan berkembang sehingga sebagai peserta ilmu bertambah. (Ylm)