B U K I T T I N G G I
detail news

30 Apr,2019 17:04

TP PKK Bukittinggi Gelar Hari Puncak Jambore Kader PKK Berprestasi

Bukittinggi, Humas - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bukittinggi menggelar Hari Puncak Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kota Bukittinggi tahun 2019 dengan mengusung tema “Dengan Jambore Kader PKK Kota Bukittinggi Kita Satukan Langkah Mewujudkan Keluarga Cerdas, Bertaqwa dan Mandiri” yang dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias ditandai dengan pemukulan gong bertempat di Objek Wisata Benteng Fort de Kock, Selasa (30/4).

Wakil Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Khadijah Irwandi selaku Ketua Panitia menjelaskan, bahwa kegiatan jambore yang dihadiri oleh 500 orang yang terdiri dari pendamping dan peserta ini adalah merupakan tahap kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 12 April 2019 yang lalu bertempat di Aula Badan Keungan dalam bentuk berbagai lomba bidang pokja.

“jambore ini digelar untk menumbuh, menambah pengetahuan dan wawasan kader dengan saling bertukar pengalaman dan informasi serta dalam rangka menjalin hubungan silahturrami dan mempererat rasa kebersamaan diantara kader berprestasi dan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta kader penggerak PKK dalam membudayakan dan membina masyarakat” ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny.Yesi Ramlan, mengatakan jambore kader PKK berprestasi ini sebagai wadah meningkatkan kapasitas diri dan penghargaan terhadap kader yang melaksanakan penyuluhan, menggerakkan 10 program pokok PKK dalam proses pembangunan, disamping itu diharapkan pengurus TP PKK dan kader dapat meningkatkan pengetahuan, memperkokoh persaudaraan, motivasi dan menjadikan sebagai sarana pembelajaran berbagai pengalaman untuk modal pelaksanaan kegiatan dilapangan.

“Dengan adanya jambore PKK ini akan dapat melahirkan program – progra dimana nantinya hasil kreatif kader yang dapat dikembangkan melalui dinas instansi terkait sehingga hasil karya kearifan lokal dapat berkembang. Kami juga berupaya agar kegiatan ini memberikan implementasi perkembangan dan pembangunan masyarakat Bukittinggi. Mengingat strategisnya peran PKK menggerakkan masyarakat menuju kemandirian maka kami berharap kemitraan antara TP PKK dengan instansi terkait dan juga lembaga lainnya dapat dikembangkan secara baik dan tepat” ungkapnya.

Kemudian Yesi juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada kader PKK yang telah berprestasi dan mengantarkan Bukittinggi kembali menjadi Juara Umum Tingkat Kota di Sumatera Barat untuk kedua kalinya. Kepada kelurahan yang belum memiliki prestasi diminta kepada Ketua TP PKK dan Pembinanya untuk memacu kader lebih giat lagi. Namun Yesi juga berharap, “tidak hanya menjadi yang terbaik didalam penilaian dan lomba – lomba, tetapi kita berharap apapun yang kita lombakan dirasakan oleh masyarakat, itu harapan kami”, harapnya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada TP PKK Kota Bukittinggi atas prestasinya yang telah banyak membawa nama baik Kota Bukittinggi ke tingkat Provinsi dan tingkat Nasional. PKK banyak membantu program pemerintah, karena pemerintah punya banyak keterbatasan, maka malalui PKK program –program tersebut dapat terlaksana.

“terima kasih kepada ibu – ibu kader PKK yang telah banyak membawa nama baik kota Bukittinggi baik di tingat Provinsi maupun Nasional, hal ini tentu tidak terlepas dari bagaimana ibu – ibu sekalian mau bekerjasama dan belajar serta menjaga kekompakan dan saling memberikan ilmu pengetahuan, dengan 10 program pokok PKK, dimana SKPD adalah mitranya  dan sudah banyak yang dihasilkan”, ujarnya

Selanjutnya Walikota Ramlan disamping menjelaskan program – program pemerintah yang sedang dilaksanakan maupun rencana – rencana strategis pemerintah lainnya, walikota  juga mengajak para kader untuk lebih bijak dalam bermedia sosial, dimana disampaikan bahwa, sekarang menelpon menggunakan aplikasi, dimana yang menelpon membayar dan yang menerima baik berita, foto ataupun video juga membayar, apabila informasi yang diterima tidak benar kita akan rugi dua kali, sebab kita kena hoaks dan pulsa kita juga tersedot, untuk itu harus lebih berhati – hati dalam menggunakan handphone, ungkapnya.

Mengingat beberapa hari lagi memasuki bulan suci Ramadhan, kemudian Ramlan juga mengucapkan selamat memasuki Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah dan mengajak kepada seluruh peserta untuk  berlomba – lomba mencari ibadah dan meramaikan Masjid.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan trophy bergilir dari Ketua TP PKK Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Ny.Deti Emil kepada Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny.Yesi Ramlan. (Ylm)