B U K I T T I N G G I
detail news

26 Apr,2019 16:04

1 Ramadhan 1440 Hijriah Bertepatan 5 Mei 2019

Menyambut kedatangan Bulan Ramadhan, Kemenag Kota Bukittinggi Abrar Munanda memberikan beberapa statemen. Terkait awal bulan ramadhan, berdasarkan hasil perhitungan Badan Hisab Ruqyah Sumbar, Ijtimak awal bulan Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada hari Minggu 5 mei 2019 pada pukul 05.48 menit 21 detik setelah subuh. Pada hari minggu itu terbenam matahari dengan tinggi hilal 5 derajat lebih.

Dalam kaidah Hisab Rukyah baik itu Kementrian Agama, Muhammadiyah, NU dan seluruh ormas Islam sudah sepakat dalam menandakan masuk 1 Ramadhan. Dengan kepastian itu, minggu malam kita sudah bisa melaksanakan shalat tarawih dan pada senin nya sudah melaksanakan puasa.

Menurut Abrar Munanda, ada perbedaan penanggalan Masehi dengan Hijriyah, pada penanggalan Hijriah dimulai dari terbenam matahari. Sedangkan penanggalan Masehi, dimulai  pada jam 00. Pada penanggalan hijriah setelah magrib itu baru masuk 1 Ramadhan.

Kepada masyarakat Kemenag Abrar MUnanda menghimbau, perlunya bersikap tidak berlebihan dalam bulan Ramadhan. Terutama dalam komsumsi sandang dan pangan di dalam keluarga. Kemenang akan berkoordinsi dg MUI Kota Bukittinggi berkenaan dengan beberapa item materi yang dapat disampaikan di dalam kajian Muballigh di bulan Ramadhan ini. Intinya tetap mengamalkan ajaran agama dan juga menjaga inflasi di Bukittinggi sehingga gejolak harga tidak meningkat. (Ylm)