B U K I T T I N G G I
detail news

03 Apr,2019 14:04

Tim Penilai PKK Prov. Sumbar Verifikasi Gerakan PKK Bukittinggi

Tim penilai gerakan PKK provinsi Sumatera Barat, melakukan penilaian di kota Bukittinggi. Tim penilai disambut Wakil Walikota, Ketua dan Pengurus TP PKK Bukittinggi, di aula Badan Keuangan, Selasa (02/04).

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, menyampaikan, penilaian gerakan PKK ini sangat luar biasa. Seluruh tahapan telah dilalui, karena memang persiapannya tidak hanya dilakukan karena ada penilaian saja. Namun, secara berkelanjutan, program dari gerakan PKK itu, telah diimplementasikan di tengah masyarakat.

“Seluruh persiapan telah dilakukan. Pemko selalu berikan dukungan terhadap seluruh SKPD termasuk TP PKK. Tahun lalu, Bukittinggi juara umum Sumatera Barat. Tahun ini kami yakin akan dapat mempertahankannya. Karena semangat PKK Bukittinggi sangat luar biasa dan selalu aktif melakukan pemberdayaan di tengah masyarakat,” ungkap Irwandi.

Lebih lanjut, Wawako, mengapresiasi, Sekolah keluarga menjadi program unggulan, yang menjadi inovasi bagi TP PKK Bukittinggi dan diakui hingga tingkat pusat. Banyak hal yang terlupakan selama ini dalam keluarga, kembali diingatkan dalam sekolah keluarga. 8 fungsi keluarga menjadi poin utama dalam sekolah keluarga, yang tahun ini dilaksanakan di 12 kelurahan di kota Bukittinggi.

“Multiflier effect dari sekolah keluarga, sangat dirasakan. Tahun depan akan dilanjutkan untuk kelurahan lainnya. Sehingga dampaknya terhadap antisipasi masalah sosial kemasyarakatan dapat dirasakan,” jelasnya.

Ketua tim penilai, Anita Ali Asmar, menyampaikan, semangat TP PKK Bukittinggi, memang sangat dirasakan sekali. Hal ini diharapkan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan dalam memberikan pemberdayaan kepada masyarakat. Tim penilai akan melakukan verifikasi lapangan di empat kelurahan dan satu kecamatan di kota Bukittinggi.

Ada lima jenis penilaian, yang berafiliasi dengan penilaian tingkat pusat. Lima penilaian itu, lomba tertib administrasi PKK, penilaian lomba pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang keluarga, penilaian lomba upaya peningkatan pendapatan keluarga, penilaian lomba halaman sehat, asri, teratur, indah dan nyaman (hatinya PKK), lomba penilaian pemeriksaan IVA test.

“Masing-masing perlombaan tentunya memiliki tujuan tersendiri. Dimana secara keseluruhan penilaian dimaksudkan untuk kesejahteraan keluarga. Penilaian lomba jenis lomba itu, dilakukan di lima kelurahan berbeda, sebagai bukti perkembangan lokasi binaan PKK. Namun, setiap kelurahan yang dinilai harus telah menerapkan 10 program pokok PKK,” jelasnya.

PKK harus lebih koorperatif dalam memberdayakan masyarakat. Sehingga tujuan gerakan PKK agar terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa, sejahtera, makmur dan mandiri dapat terwujud.

Untuk penilaian lomba tertib administrasi dilakukan kepada Kelurahan Belakang Balok. Penilaian lomba pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang keluarga di kelurahan Puhun Tembok.

Penilaian lomba upaya peningkatan pendapatan keluarga di kelurahan Manggis Gantiang. Penilaian lomba halaman sehat, asri, teratur, indah dan nyaman (hatinya PKK) di kelurahan Pulai Anak Aia dan penilaian pelaksanaan pemeriksaan IVA test di Kecamatan Mandiangin Koto Sealayan. (Ylm)