B U K I T T I N G G I
detail news

15 Feb,2019 17:02

Dasawisma Anggur II Manggih Gantiang Dinilai Tim PKK Sumbar

Tim Penggerak PKK provinsi Sumatera Barat, melakukan penilaian kelompok dasawisma berprestasi tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2019. Untuk kota Bukittinggi, penilaian dasawisma terbaik diwakili oleh dasawisma Anggur II kelurahan Manggis Gantiang.

Rombongan tim penilai melakukan penilaian langsung ke lapangan, dipimpin Ketua TP PKK Sumbar. Tim disambut Ketua TP PKK Bukittinggi dan pengurus PKK lainnya, Camat MKS, dan sejumlah OPD terkait, di halaman kantor lurah Manggis Gantiang, Jumat (15/02).

Walikota Bukittinggi, diwakili Assisten II setdako Bukittinggi, Ismail, menyampaikan, dasawisma yang berada di bawah TP PKK Bukittinggi diakui sebagai dasawisma yang aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat. Dasawisma punya peran penting untuk mendeteksi dini berbagai persoalan di masyarakat. Baik itu masalah keluarga, masalah ekonomi, maupun masalah pembangunan.

“Apalagi dasawisma anggur II, kelurahan Manggis Gantiang ini, memang banyak kegiatan dan inovasi yang dilakukan. Sehingga memang dirasakan keberadaan dasawisma di Bukittinggi, khususnya dasawisma anggur II juga memiliki peran penting dalam percepatan pembangunan dan membantu perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Nevi Zuairina Irwan Prayitno, menyampaikan, penilaian dasawisma ini ditujukan untuk melihat, sejauh mana realisasi 10 program pokok PKK di setiap kelurahan. Karena memang diakui, dasawisma menjadi ujung tombak gerakan PKK dalam mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan mandiri.

“Keberhasilan gerakan PKK, berkaitan erat dengan aktifnya dasawisma. Kami ingin seluruh dasawisma di Sumatera Barat, tidak hanya sampai level tumbuh saja, namun menjadi dasawisma yang maju. Penilaian ini sebagai salah satu motivasi juga bagi setiap dasawisma untuk bekerja maksimal dalam membantu mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat sejahtera dan mandiri,” jelas Ny. Nevi.

Sementara itu, Ketua PKK Manggih Gantiang, Asmeli M. Nur, dalam paparannya, menjelaskan, dasawisma anggur II, terbentuk sejak 2014. Di kelurahan Manggis Gantiang, terdapat 34 kelompok dasawisma. Untuk dasawisma Anggur II, terdapat, 20 rumah dengan 20 KK. Terdiri dari 84 orang warga, 41 laki-laki, 43 perempuan, balita 2 orang, dan lansia 2 orang.

“Beberapa kegiatan PKK Manggih Gantiang, oleh dasawisma anggur II, telah dilaksanakan pertemuan rutin tiap bulan. Pertemuan rutin dasawisma dan kader posyandu. Dasawisma Anggur II juga telah mengaktifkan TOGA, pengolahan kerupuk ubi, pengembangan kebun dasawisma, gerakan pemanfaatan lahan sesuai hatinya PKK, bank sampah Manggih Saiyo. Kemudian juga ditempel di setiap rumah stiker bebas asap rokok,” jelasnya.

Upaya ini dilakukan, lanjutnya, memang untuk lebih meningkatkan kesejahteraan keluarga dan perekonomian masyarakat, khususnya di kelurahan Manggih Gantiang. “Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan membantu pemerintah Bukittinggi sendiri,” jelasnya. (Ylm)