B U K I T T I N G G I
detail news

07 Oct,2018 15:10

Upaya Tingkatkan Nilai SAKIP 2018, Pemko Gelar Bimtek Lanjutan

Sebagai bentuk keseriusan dalam upaya peningkatan nilai Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada tahun 2018, Pemko Bukittinggi melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah kembali menggelar Bimbingan Teknis Sakip lanjutan bagi Kepala SKPD, Kasubag Perencanaan dan Keuangan serta Tim Sakip Pemko Bukittinggi yang dibuka secara langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias di Hall Utama Balaikota, Minggu (7/10).

Hadir sebagai nara sumber Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indoneisa, Kamaruddin, AK, MSc.

Kepala Bagian Organisasi Setda Albertiusman selaku panitia pelaksana menjelaskan bahwa, penyelenggaraan bimtek ini merupakan lanjutan yang telah dilakukan sebelumnya kepada masing -  masing Kasubag Perencanaan di setiap SKPD dan kepada Kepala SKPD beberapa waktu yang lalu. Sehingga hasilnya diharapkan benar – benar maksimal dan tidak hanya sebagai bentuk penilaian namun lebih dari itu dapat diimplementasikan.

“Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sakip karena Sakip merupakan salah satu barometer untuk mendukung kinerja penyelenggaraan pemerintah dalam pencapaian good goverment. Karena itu komitmen kota Bukittinggi sebagaimana yang telah disampaikan oleh Walikota ingin meningkatkan nilai Sakip kita pada tahun 2018 ini terhadap evaluasi Sakip yang telah disiapkan”, ujarnya.

Kemudian disampaikan bahwa,  untuk peningkatan nilai tersebut beberapa upaya yang telah dilakukan tentunya akan bermuara kepada upaya maksimal sehingga hasil yang diharapkan tidak hanya dalam bentuk penilaian tetapi dalam bentuk implemetasi sesungguhnya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, pelayanan publik dan pelaksanaan pembangunan, katanya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, Pemko Bukittinggi telah berusahan memperbaiki diri terkait dengan hasil evaluasi Sakip sesuai denan arahan Kemenpan RB, dan pada tahun 2017 telah mendapatkan nilai B yang sebelumnya adalah CC, namun target tahun ini adalah A, untuk itu diharapkan bantuan dan pendampingan yang intensif dari pihak Kemenpan RB agar dapat mewujudkannya. Beberapa kegiatan untuk menuju hal tersebut telah dilakukan.

“bertitik tolak dari hasil reviu untuk menuju peningkatan nilai tersebut upaya perbaikan yang telah dilakukan adalah meliputi, memperbaiki rumusan tujuan atau sasaran yang dilengkapi dengan indikator kinerja yang jelas dan berorientasi hasil, memastikan bahwa cascading telah ditetapkan sampai keorganisasi terkecil dengan memanfaatkan logic model, melakukan reviu terhadap program, kegiatan dan komponen anggaran melalui refocusing dan crosscutting program/kegiatan, optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi seta meningkatkan pemahaman dan keterlibatan pimpinan perangkat manajemen kinerja organisasi “, ujar Walikota Ramlan.

Kemudian Walikota Ramlan juga mengatakan bahwa berencana menjadikan hasil perjanjian kinerja sebagai dasar pemberian Reward and Punishment melalui mekanisme Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) dan pelaksanaan mutasi PNS berdasarkan penilaian kinerja.

Ramlan juga mengingatkan kepada semua peserta untuk mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan hikmat dan cermat serta aktif karena pertemuan seperti ini tidaklah mudah, memerlukan keseriusan, komitmen tinggi, biaya dan tenaga.

Sehingga kedepannya dalam melaksanakan program dan kegiatan harus berdasarkan kinerja yang berorientasi kepada hasil yang dapat dipertanggungjawabkan bagi kesejahteraan masyarakat. Tidak ada lagi kepala perangkat daerah yang tidak peduli dengan akuntabilitas kinerja di lingkungan instansinya masing – masing. Tidak ada lagi program/kegiatan yang tidak menyambung dengan tujuan dan sasaran, jelasnya

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi dan Sekretaris Daerah kota Bukittinggi Yuen Karnova. (Ylm)