B U K I T T I N G G I
detail news

20 Sep,2018 17:09

Tungku Tigo Sajarangan Kota Bukittinggi dan Kab.Agam Komit Sukseskan Pemilu 2019

Pemerintah kota Bukittinggi, komit untuk sukseskan pemilihan presiden dan pemilihan umum legislatif tahun 2019 mendatang. Komitmen itu, ditandai dengan penandatanganan deklarasi Pernyataan Sikap Tungku Tigo Sajarangan, di halaman Mapolres Bukittinggi, Rabu (19/09).

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengungkapkan, penandatanganan deklarasi kesepakatan tungku tigo sajarangan ini, menjadi bukti bahwa seluruh lini di kota Bukittinggi sepakat untuk turut mensukseskan pemilu 2019.

“Komitmen ini sebagai bentuk bagaimana tigo tungko sajarangan ini ikut serta mensukseskan pemilu. Bagaimana menjaga kestabilan situasi, kenyamanan dan keamanan selama pelaksanaan pesta demokrasi di Bukittinggi dan kabupaten Agam,” jelas Ramlan.

Pemilu 2019, merupakan pemilu serentak pertama selama pelaksanaannya. Dimana, pemilih memberikan hak suaranya dan mencoblos lima kertas suara. Pertama, kertas suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, kedua pemilihan anggota DPR RI, ketiga pemilihan anggota DPD RI, keempat, pemilihan anggota DPRD provinsi. Kelima, pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota.

“Banyak waktu untuk warga dalam proses pemilihan. Kita serahkan semua kepada masyarakat. Silahkan berikan hak pilihnya sesuai hati nurani. Tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun. Sehingga pelaksanaa pemilu berjalan kondusif, aman dan nyaman,” tegasnya.

Walikota menilai, para pemilih di kota Bukittinggi, merupakan pemilih cerdas dan bijak. Namun demikian, pemerintah kota tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk dapat memberikan hak pilihnya dalam pemilu yang akan digelar 17 April 2019 mendatang dan jangan sampai golput (tidak ikut serta dalam pemilihan).

Pernyataan Sikap Tungku Tigo Sajarangan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam yang ditandatangani tersebut antara lain berisikan sikap bahwa, bertekad mensukseskan Pemilu Tahun 2019 yang aman , lancar dan damai di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam sebagai ikhtiar untuk membangun bangsa Indonesia untuk menjadi lebih sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kemudian mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilih, mendukung pemerintah dan penyelenggara Pemilu untuk mewujudkan pemilu tahun 2019 yang Luberjurdil sesuai dengan peraturan yang berlaku serta berkomitmen menolak politik uang (money politic), kampanye hitam (black campagne), penyebaran berita bohong (hoax), pembunuhan karakter, fitnah dan ujaran kebencian di masyarakat.

Selesai penandatangan pernyataan sikap, dilanjutkan dengan simulasi Sispam Kota yang dipimpin oleh oleh Kabag.Ops Polres Bukittinggi Kompol Arie SN,S.I.K.M.H (Ylm)