B U K I T T I N G G I
detail news

01 Sep,2018 10:09

Wakil Walikota Irwandi Melepas Kontingen Bukittinggi Mengikuti Kemah ROHIS

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi melepas kontingen Kota Bukittinggi yang akan mengikuti kegiatan kemah Rohani Islam (Rohis) tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus sampai dengan 3 September 2018 di Bumi Perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun Padang. Acara pelepasa dilaksanakan di Aula Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Jum’at ( 31/8).

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Bukittinggi, Tri Andriani Djusair, selaku penanggungjawab kontingen menjelaskan, kemah rohani Islam (rohis) tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2018 kota Bukittinggi mengutus 10 peserta yang akan mengikuti enam perlombaan dan merupakan siswa SMA dan SMK Kota Bukittinggi yang telah melalui seleksi. Peserta berangkat bersama 5 orang pelatih dan 2 orang pendamping.

“Kemah rohis dilaksanakan mulai tangga 31 Agustus sampai 3 September 2018 di bumi perkemahan Tiger Camp Lubuk Minturun Padang. Ada enam jenis perlombaan yang akan diikuti, MTQ putra putri, Pidato putra putri, Khutbah Jumat, Praktek ibadah manasik haji dan Nasyid,” jelasnya.

Kakan Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda, menyampaikan, kemah rohis ini, dilaksanakan dengan tujuan melahirkan siswa berprestasi di bidang seni pendidikan agama Islam, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, mengembangkan wawasan dan pengetahuan tentang Islam dan meningkatkan komitmen, kepedulian dan kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara.

“Kami berterima kasih kepada para pembina dan juga pemerintah kota. Dimana fasilitas yang diberikan pemko dalam kegiatan ini, membuktikan bahwa pemda sangat membantu dan memberikan perhatian besar dalam pendidikan agama Ismlan ini. Kepada peserta kami harap berikan kemampuan maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi menyampaikan, 10 peserta ini tentu sudah menjadi duta untuk kota Bukttinggi, khsusunya di lingkungan sekolah masing-masing. Mereka diharapkan juga dapat menularkan sikap dan ilmu positif kepada lingkungannya itu.

“Atas nama pemerintah kota, kami ucapkan selamat, karena peserta ini sebelumnya sudah terbaik untuk Bukittinggi. Semoga pada tingkat Sumbar ini dapat juga memberikan prestasi tersendiri. Karena prestasi akan lahirkan kebanggaan. Selamat dan semoga sukses untuk dapat mewakili Sumbar pada tingkat nasional nantinya,” ujar Irwandi.

Wawako juga menyampaikan, saat ini kehidupan remaja di Bukittinggi cukup memprihatinkan, banyak masalah sosial tingkat remaja. Untuk itu, para generasi muda harus dapat memperkuat aqidah dan keagamaan, agar dapat menghidarkan mereka dari seluruh permasalahan sosial.

“Kehidupan harus ditata secara displin, dimulai diri sendiri. Jangan sampai terperosok ke dalam efek negatif dari perkembangan zaman dan teknologi,” ulasnya

Mereka yang menjadi utusan sebagai peserta Kemah Rohis dari Kota Bukittinggi adalah M.Farhan (Khutbah Jum’at), Fikri Ikhsan (Manasik haji), Andika (Pidato Putra), Jovanca Shabilla (Pidato putri), Faras Safara Dhia (Tilawah Putra), Sri Rahmi Maulidia dan Asysyifa (Tilawah Putri), Nanda Armando, Rizki Firmansyah dan Aditia Geraldo (Nasyid). (Ylm)