B U K I T T I N G G I
detail news

30 Aug,2018 14:08

Walikota Ramlan Nurmatias Lepas Tim PMI PEDULI Bawa 1 Ton Rendang ke Lombok

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias didampingi Wakil Walikota Irwandi beserta sejumlah Kepala SKPD melepas Tim Palang Merah Indonesia (PMI) PEDULI Kota Bukittinggi yang membawa 1 Ton Rendang untuk korban bencana gempa di Lombok NTB di halaman Balaikota Bukittinggi, Rabu (29/8).

Satu ton rendang tersebut, merupakan hasil masakan warga Jorong Galuang, Sungai Pua, Kabupaten Agam, yang terkenal dengan rasa dan ketahanannya. Daging rendang yang dimasak warga merupakan hasil donasi dari warga Bukittinggi dan Agam sekitar 880 kg daging.

Ketua PMI Bukittinggi, H. Chairunnas, menjelaskan, kegiatan ini berawal dari spontanitas pengurus PMI Bukittinggi. Awalnya akan dibuat rendang 100 kg, namun kepedulian warga Bukittinggi dan Agam cukup tinggi. Alhasil terkumpul 880 kg daging qurban dalam waktu 3 hari.

“PMI Bukittinggi merupakan PMI lintas batas. Sehingga bantuan diberikan kepada yang membutuhkan meskipun di daerah lain. Selain itu, kita juga terima bantuan dari daerah luar Bukittinggi untuk disampaikan kepada korban gempa Lombok. Proses masak kita mulai hari Jumat, dibantu PKK Jorong Galuang sungai Pua. Setelah dimasak didapat hasil 1 ton yang jika dirupiahkan sekitar Rp 350 juta,” jelas Chairunnas.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kegiatan sosial yang digagas oleh PMI Bukittinggi ini. Bantuan ini sangat dibutuhkan karena akan dapat dinikmati oleh korban gempa Lombok NTB.

“Ini kegiatan sangat mulia sebagai salah satu bukti PMI Bukittinggi konsisten bekerja untuk kegiatan kemanusiaan tanpa mengenal batas wilayah. Kami dari pemerintah kota mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi ini. Semoga upaya ini menjadi ibadah disisi Allah SWT, terutama bagi para donatur,” jelasnya.

Rombongan berangkat hari ini, diperkirakan Minggu sore atau malam sampai di Lombok. Pada Senin akan langsung didistribusikan didampingi PMI pusat. Selain itu juga dibawa bantuan rendang dari Agam, Payakumbuh dan daerah lain. (Ylm)