B U K I T T I N G G I
detail news

21 Aug,2018 16:08

Ribuan Masyarakat Saksikan Pawai Alegoris Bukittinggi

Ribuan warga kota Bukittinggi dan pengunjung kota disepanjang jalan Sudirman terlihat tumpah ruah guna menyaksikan Pawai Alegoris yang digelar oleh Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Penididikan dan Kebudayaan dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018.

Pawai Alegoris dan Pembangunan ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan HUT RI ke-73 dan merupakan kegiatan yang ditunggu – tunggu oleh masyarakat dan pengunjung kota.

Pawai dilepas oleh Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi yang ditandai dengan pengibaran bendera star oleh Wakil Walikota dari panggung kehormatan yang berada di Simpang Kangkuang. Terlihat dihadiri oleh Ketua DPRD, Unsur Forkompimda, Kepala SKPD, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Ketua Dharma Wanita dan undangan lainnya.

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selama pawai berlangsung tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan. “saya menghimbau kepada seluruh masyarakat dan warga kota, marilah kita menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan kota ini, saya minta kepada kita untuk senantiasa waspada dan selalu menjaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan karena ini adalah budaya kita, Bukittinggi bersih dan tertib”, ujarnya.

Diawali dengan penampilan barisan Paskibraka yang membuat decak kagum para penonton melihat ketegapannya dalam baris-berbaris, kemudian diikuti oleh Drum band kebanggaan Kota Bukittinggi Gita Jam Gadang. Selanjutnya diikuti barisan guru  - guru kebanggaan Kota Bukittinggi yang baru saja meraih prestasi nasional, kemudian Barisan Bhineka Tunggal Ika dan setelah itu diikuti oleh sekolah - sekolah yang menampilkan segala prestasi dimiliki yang diawali dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi dengan berbagai atraksi dan mengenakan berbagai atribut yang menarik. Selanjutnya diikuti oleh Paguyuban, organisasi dan komunitas lainnya yang berada di Bukittinggi dan daerah sekitar Bukittinggi.

Segala capain dan pestasi Kota ditampilkan, mulai dari Kelurahan, Kecamatan dan Dinas – dinas baik dengan cara berjalan kaki maupun dengan menggunakan kendaraan yang dihiasi semenarik mungkin yang menggambarkan dan mewakili kegiatan dari dinas yang bersangkutan.

Momen menarik dalam pawai kali ini ketika adanya penanda tanganan komitmen Bersama untuk tekad menjaga kebersihan kota dan mengurangi sampah plastik oleh Forkompimda dan masyarakat Kota Bukittinggi pada spanduk besar yang ditempelkan pada kendaraan Dinas Lingkungan Hidup sebagai peserta pawai. Terlihat Wakil Walikota dan Ketua DPRD serta Forkompimda turun dari panggung kehormati untuk melakukan penandatangan komitmen Bersama tersebut.

Pawai yang dimulai pukul 09.00 Wib. dan berakhir pukul 14.30 Wib tersebut diikuti oleh 197 lebih kelompok yang terdaftar pada panitia berjalan aman, tertib, lancar dan meriah didukung dengan cuaca yang bersahabat dengan pembawa acara Ronal dkk. (Ylm)