B U K I T T I N G G I
detail news

31 Jul,2018 18:07

Matangkan Persiapan Penyambutan Torch Relay Asian Games XVIII 2018, Pemko Gelar Gladi Bersih

Sebagai satu-satunya kota di Sumatera Barat yang akan dilalui kirab api obor atau torch relay api obor Asian Games XVIII 2018, Pemko Bukittinggi terus melakukan persiapan.

Minggu (29/07) lalu, telah dilakukan gladi bersih, selanjutnya bersama tim provinsi dan panitia pelaksana, Selasa (31/07) kembali dilaksanakan hal serupa di sepanjang kawasan yang akan dilalui api obor.

Api obor Asian Games XVIII 2018 akan tiba di Sumatera Barat pada Kamis (02/08) mendatang.

Setelah mendarat di BIM, api obor dibawa ke Bukittinggi dan diarak sepanjang kota wisata. Terdapat 21 titik yang akan dilalui sepanjang 10 km.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menegaskan, setelah melaksanakan persiapan sejak beberapa hari terakhir, pemerintah kota bersama unsur Forkopimda, siap menerima kedatangan api obor untuk diarak sepanjang kota Bukittinggi.

“Ini merupakan sejarah bagi kota dan masyarakat Bukittinggi. Hal yang sama pernah terjadi 56 tahun silam dan kini terulang kembali.  Namun demikian, ada yang unik untuk tahun ini, dimana api obor Asian Games 2018 akan diarak di dalam Lobang Jepang, yang merupakan saksi sejarah kemerdekaan Indonesia,” ungkap Ramlan.

Lebih lanjut pemerintah kota menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk bersama sukseskan torch relay api obor Asian Games XVIII 2018 di Bukittinggi.

Sehingga sejarah baru di kota wisata ini dapat disaksikan ribuan pasang mata dan dikenal hingga dunia Internasional.

Sementara, Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana, juga mengimbau kepada seluruh warga untuk dapat bersabar, saat prosesi kirab api obor berlangsung. Dimana sejumlah akses jalan raya akan ditutup sementara dan disesuaikan dengan situasi kondisi nantinya.

“Api obor dijadwalkan tiba di Bukittinggi pukul 13.00 WIB. Selama kirab, kami minta pengertian dan kesabaran dari warga, karena akses jalan raya yang akan dilewati api obor, akan ditutup sementara. Jalan ditutup sekitar dua jam. Namun hal ini dilaksanakan secara fleksibel, jika telah dilewati, kita lihat kemungkinannya. Kalau sudah dilewati, kita buka sesuai kondisi nanti,” harap Kapolres.

Gladi bersih dilaksanakan sesuai jalur yang akan dilewati. Mulai dari depan SMA 2 Bukittinggi, menuju Lapangan Kantin hingga Tugu Pahlawan Tak Dikenal, menuju Taman Panorama, masuk dalam Lobang Jepang, naik ke atas Simpang Bantolaweh, jalan arah Benteng Fort de Kock, turun ke RSAM, Simpang Tembok, Simpang Jirek, Bukit Ambacang, Simpang Taman, Simpang kantor Balaikota, GOR Bermawi, Simpang Surau Gadang, Simpang Manggis, Simpang Mandiangin, Pasar Bawah, Tugu Pahlawan Tak Dikenal, finish Jam Gadang.

Api obor diinapkan satu malam di Istana Bung Hatta, Jumat (03/08), api obor kembali diterbangkan untuk pengarakan di provinsi Jambi. (Ylm)