B U K I T T I N G G I
detail news

19 Jul,2018 17:07

Pemko Bukittinggi Segera Akan Miliki Bukittinggi Command Center (BCC)

Pemerintah Kota Bukittinggi dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi akan memiliki Ruang Command Center yang diberi nama dengan “Bukittinggi Cammand Center” (BCC). Ruangan ini terletak dilantai dasar Kantor Balaikota Bukit Gulai Bancah dengan disain dan memiliki sarana prasana yang modern dan representatif.

“Ruang command center ini akan berfungsi sebagai pusat kendali kota nantinya, dari ruang ini akan terpantau semua kejadian yang terjadi di Kota Bukittinggi. ini semua kita lakukan adalah guna peningkatan pelayanan publik secara cepat dan tepat sebagai perwujudan Bukittinggi menuju Smart City”, ujar Walikota Ramlan Nurmatias saat melakukan peninjauan pembangunan BCC yang hampir rampung, (19/7).

Ramlan menambahkan, bahwa ini adalah sebuah bentuk inovasi dan suatu kesungguhan Pemko Bukittinggi untuk menghadirkan sistem pemerintahan berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), guna menyiapkan proses penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. “dari sini kita bisa memantau semua layanan e-government, semua bisa dilihat secara online dan up to date”, ungkap Walikota Ramlan.

Walikota berharap dengan keberadaan BCC ini nantinya akan dapat memberikan kemudahan atas data, akses dan informasi secara cepat dan aman, disamping itu keberadaan BCC akan dapat membantu dalam pengontrolan wilayah dan kenerja SKPD serta perkembangan kota, serta berbagai informasi lainnya seperti kemacetan, bencana alam, kebakaran,  dan data lainnya. Untuk itu Walikota mendorong percepatan penyelesaian pengadaan barang  dan peralatan yang diperukan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Elza Aulia yang turut mendampingi walikota saat peninjauan ruang BCC mengatakan bahwa mudah – mudahan tahun ini akan dapat dioperasionalkan karena hanya menunggu video wall dan sound systim saja.

“Saat ini kita masih menunggu pengadaan untuk video wall sebanyak 4 (empat) buah dan sound systim, kalau sarana tersebut sudah ada maka BCC ini sudah dapat dioperasionalkan”, ujarnya.

Disamping nantinya sebagai penyediaan data yang terpusat, BCC ini juga dilengkapi dengan meeting room sebagai sarana bagi pimpinan untuk mengadakan rapat – rapat dengan SKPD. (Ylm)