B U K I T T I N G G I
detail news

12 Jul,2018 13:07

Pemilihan Bujang Jo Gadih Tahun 2018 Kota Bukittinggi Akan Segera Digelar

Sebagai upaya pembinaan generasi muda dalam menyalurkan bakat dan minat khususnya yang memiliki komitmen untuk memajukan kepariwisataan kota Bukittinggi, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi kembali akan menggelar ajang Pemilhan Duta Wisata Bujang Jo Gadih  Tahun 2018.

Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Suzi Yanti mengatakan bahwa pemilihan ini merupakan iven tahunan yang digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan merupakan ajang pemilihan pemuda dan pemudi Kota Bukittinggi yang mempunyai tugas dan peran nantinya dalam mempromosikan kota Bukittinggi.

“Pemilihan Duta Wisata Bujang Jo Gadih yang akan kita gelar pada tahun ini merupakan ajang pencarian pemuda –pemudi yang mempunyai komitmen untuk memajukan dunia kepariwisataan Kota Bukittinggi yang nantinya berperan untuk mempromosikan kepariwisataan Bukittinggi di berbagai iven baik lokal maupun Nasional, disamping itu ajang ini juga merupakan sebagai upaya pembinaan generasi muda dalam menyalurkan minat dan bakat dan merupakan langkah pelestarian adat dan budaya ”, ujarnya.

Selanjutnya Suzi Yanti menjelaskan, “pemilihan ini tidak tertutup hanya untuk pemuda – pemudi Bukittinggi saja, tetapi juga terbuka untuk peserta yang berasal dari luar Kota Bukittinggi, peran merekapun ditambah dari tahun – tahun sebelumnya, seperti pada hari - hari libur atau hari – hari tertentu mereka ditugaskan di objek wisata untuk memandu para wisatawan dan diikutkan pada iven – iven pameran yang diikuti oleh Dinas Pariwisata sendiri”, jelas Suzi Yanti.   

“Generasi muda yang memenuhi persyaratan dan ingin menguji kompetensi di bidang intelektual, memahami adat budaya Minangkabau, pemerintahan, kepariwisataan, kemampuan berbahasa inggeris dan kepribadian serta pengetahuan umum kita dorong untuk dapat mengikuti iven ini. Beauty saja tidaklah cukup, tetapi peserta juga harus punya brain dan behaviour yang baik, untuk pendaftaran telah  dimulai sejak 28  Mei dan berakhir 17 Juli 2018 bertempat di Dinas Parpora Belakang Balok pada jam kantor, dan untuk pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis”, tambah Yanti.

Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain berusia antara 17 – 25 tahun dan belum menikah, memiliki tinggi badan minimal 170 cm bagi pria dan 160 cm untuk wanita, mampu berkomunikasi dalam bahasa Minang, Bahasa Indonesia dan bahasa asing minimal bahasa inggeris.

Seleksi akan dilaksanakan mulai tangga 20 – 22 Juli 2018 meliputi tes wawancara, tes tertulis dan penampilan bakat yang dimiliki bertempat di Sport Hall Atas Ngarai, kemudian pada tanggal 24 –  27 Juli 2018 akan dilakukan karantina kepada para finalis, sedangkan grand finalnya akan dilakukan pada tanggal 28 Juli 2018 di Balai Sidang Hatta.

“Kepada pemenang nantinya akan diberikan hadiah berupa uang tunai, piagam dan trophy serta bingkisan dan bagi pemuncak yang meraih predikat Bujang Jo Gadih Tahun 2018 akan mewakili Kota Bukittinggi pada pemilihan Uda dan Uni di Tingkat Sumatera Barat, dan bagi yang berminat mengikuti kita juga menyediakan kontak person; Disparpora 0752-21300, Bujang Wendy 08126782253, Bujang Deni 081374759184, Arifka Putra 082284006140 dan Isma Darma Yanti 085274845307”, pungkas Yanti. (Ylm)