B U K I T T I N G G I
detail news

08 Jul,2018 09:07

Walikota Ramlan dan KetuaTP-PKK Ny.Yesi Ramlan Nurmatias Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana dan Pakarti Madya I Tingkat N

Walikota Bukittinggi H.M.Ramlan Nurmatias, SH kembali  menerima penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Kali ini walikota Ramlan menerima penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2018. Bersamaan dengan walikota juga turut menerima penghargaan Manggala Karya Kencana tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bukittinggi Ny.Hj.Yesi Ramlan Nurmatias.

Penyerahan  penghargaan disematkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Puan Maharani dan didampingi oleh  Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Plt. Kepala BKKBN Sigit Priohutomo dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXV tahun 2018 dengan mengusung tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” yang bertempat di Kediaman Gubernur Sulawesi Utara di Bumi Beringin Manado, Jum’at (6/7).

Penghargaan Manggala Karya Kencana yang diterima Walikota Ramlan dan Ketua TP PKK Ny.Yesi Ramlan berdasarkan Keputusan Kepala BKKBN Nomor : 57/KEP/02/2018  merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat dibidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga yang diberikan kepada Gubernur, Bupati, Walikota, Ketua TP-PKK tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sosok walikota Ramlan Nurmatias dan Ketua TP PKK yang juga isteri walikota tersebut dinilai oleh Pemerintah Pusat dan diberikan penghargaan  atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Sejahtera Bahagia.

Walikota memberikan apresiasi kepada instansi terkait dan masyarakat serta stakeholder kota yang telah mendukung program tersebut sehingga dianugerahinya perhargaan itu.

“penghargaan ini adalah hasil kerja keras kita semua, semua pihak bersama masyarakat kota Bukittinggi khususnya dibidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, penghargaan ini adalah milik warga kota Bukittinggi, kami hanya menerimanya saja semoga ini menjadi motivasi untuk membuat kita bisa menjadi lebih baik lagi”, ujar Walikota Ramlan yang didampingi isteri saat usai menerima penghargaan.

Diterimanya penghargaan tersebut oleh walikota dan ketua TP PKK Bukittinggi, berdasarkan penilaian bahwa  Kota Bukittinggi telah berhasil memberikan pelayanan KB serta mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, kemudian melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) dinilai berhasil dalam meningkatkan partisipasi keluarga dalam kelompok kegiatan seperti Bina Usaha Balita, Bina Usaha Remaja, Bina Usaha Lansia dan Kelompk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (KUPPKS) serta membangun Kampung KB di Kota Bukittinggi.

Menurut Kadis P3APPKB Tati Yasmarni yang turut mendampingi Walikota ke Manado, bahwa “keberhasilan lainnya karena terbaik dalam pembinaan PIKR/M di Sumatera Barat Walikota Ramlan dan Ketua TP PKK Ny.Yesi Ramlan juga telah dianugerahi predikat sebagai Ayah dan Bunda GenRe Sumatera Barat. Disamping itu, untuk menjaga ketahanan keluarga, ibu ketua TP PKK Yesi Ramlan melalui ide dan  gagasannya merangkul SKPD terkait  dengan membentuk program Sekolah Keluarga yang saat ini telah menjadi model dari banyak daerah lain di Indonesia”, ujarnya.

Masih dalam rangkaian HARGANAS XXV Selain daripada menerima anugerah Manggala Karya Kencana, berdasarkan keputusan Ketua Umum TP PKK Nomor : 16/KEP/PKK-Pst/VI/2018  ketua TP PKK Ny.Yesi Ramlan juga menerima penghargaan Pakarti Madya I Tingkat Nasional sebagai pelaksana terbaik program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan kategori Kota tahun 2018 melalui Kelurahan Belakang Balok Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB).

Menurut Ny.Yesi Ramlan perolehan Pakarti Madya I Tingkat Nasional dibidang KKBPK Kesehatan ini karena kita telah dinilai dari beberapa aspek peningkatan kuantitas dan kualitas penduduk, di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan Kesehatan yang bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK, Institusi KB-Kesehatan di Kelurahan dengan kader-kader khususnya kader Dasawisma sebagai ujung tombak PKK serta keluarga sebagai fokus sasaran utamanya.

“ini merupakan hasil kerja keras semua warga dengan semangat yang luar biasa khususnya Kelurahan Belakang Balok serta instansi terkait.  Mudah – mudahan prestasi ini tidak berhenti sampai disini saja tetapi terus ditingkatkan dan akan menjadi momentum bagi kelurahan – kelurahan lain untuk berprestasi di tingkat Nasional”, pungkas Yesi Ramlan. (Ylm)