B U K I T T I N G G I
detail news

29 Jun,2018 16:06

Bhakti Sosial TNI KB Kes Tingkat Propinsi di Canangkan di Bukittinggi

Bhakti TNI KB Kes Tingkat Propinsi Sumatera Barat dicanangkan pada Kamis (28/06) di Lapangan Wirabraja Kota Bukittinggi. Pencanangan dilakukan oleh Danrem 032/Wirabraja. Ini merupakan bekerjasama Korem 032/ Wirabraja dengan BkkbN Sumbar. mencanangkan bhakti sosial TNI KB Kes tingkat provinsi Sumatera Barat, tahun 2018.

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi menyambut baik dipilihnya Bukittinggi sebagai lokasi pencanangan bhakti TNI KB Kes tingkat provinsi Sumatera Barat. Permasalahan keluarga berencana, merupakan masalah nasional, termasuk di Bukittinggi. Untuk itu Bukittinggi juga telah mengantisipasi hal tersebut dengan sosialisasi dari dinas terkait, serta membentuk sejumlah kampung KB di kota Bukittinggi.

 Saat ini pertumbuhan penduduk di Bukittinggi berada pada angka 1,94 persen. Jumlah ini disebabkan karena didominasi terjadinya urbanisasi, bukan karena tingginya angka kelahiran. Namun demikian, pemerintah kota akan terus berupaya mengendalikan pertumbuhan penduduk ini, ujar Irwandi. Bukittinggi kota terbuka yang tingkat urbanisasi nya tinggi membawa dampak sosial kepada Bukittinggi. Ancamana perkembangan kondisi bagi remaja turut mempengaruhi perkembangan penduduk di Bukittinghi. Permasalahan remaja berkaitan dengan sex bebas LGBT dan Narkoba turut berkembang. Situasi dan kondisi yang berkembang di Bukittinggi selalu menjadi Prioritas dan perhatian dari Pemko, termasuk dukungan dari BKKBN dengan banyak pengarahkan program ke Kota Bukittinggi

Sementara Kepala perwakilan BkkbN Sumbar, Syahrudin menjelaskan, secara nasional, bhakti sosial ini memberikan kontribusi besar bagi pelayanan keluarga berencana dan kesehatan masyarakat. Dengan pencanangan bhakti sosial TNI KB Kes ini, diharapkan program kependuduka dan keluarga berencana di Sumbar dapat berjalan lebih baik dan maksimal.

 Bhakti sosial ini, akui Syahruddin memang lahir dari Sumatera Barat yang lebih dulu menerapkan program manunggal sakato. Dari program tersebut, dicanangkan pula sejak beberapa tahun lalu bhakti sosial TNI KB Kes di Sumbar hingga nasionl. Ini menjadi bentuk kepedulian jajaran TNI dalam melahirkan keluarga yang berkualitas jelasnya.

 Danrem 032/Wirabraja, Brigjen Mirza Agus, dalam sambutannya menyampaikan, kerjasama antara TNI dan BkkbN merupakan kerjasama yang tertua. Saat ini TNI juga berkonsentrasi untuk menekan laju angka pertumbuhan penduduk sebagai salah satu program dari pemerintah pusat.

 Dengan Motto dua anak cukup ungkap Danrem sangat berperan dalam menciptakan keluarga yang berkualitas. Dan dengan melalui kegiatan ini, diharapkan dapat kita tingkatkan penguatan dan percepatan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

 Lebih lanjut, Brigjen Mirza berharap bhakti sosial TNI KB Kes dapat memberikan semangat kerja mitra TNI untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat. Sehingga dapat menekan angka kelahiran serta meningkatkan taraf hidup warga. Karena tingginya jumlah penduduk dapat menimbulkan berbagai masalah moralitas di tengah masyarakat. Dengan membatasi jumlah penduduk secara terukur, tentu dapat membantu mewujudkan negara yang kompetitif.

 Dengan semangat gotong royong dan sinergitas, kita jadikan kampung KB sebagai poros keluarga berkualitas. Program KB akan membentuk keluarga kecil yang berkualitas dan sejahtera. Tentu saja harus dibarengi dengan ketahanan keluarga akan mendukung realisasi terbentuknya keluarga yang berkualitas, sehat dan terjamin dari segi perekonomian itu tutup Danrem.

 Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dandim se Sumatera Barat, Unsur Forkopimda provinsi Sumbar, BKKbN Sumbar, Wakil Walikota, unsur Forkopimda Bukittinggi Ketua TP PKK dan pengurus, Ketua GOW, kepala OPD dan sejumlah undangan lainnya. Dalam kesempatan itu juga diserahkan Piala peringkat terbaik pada Bhakti Sosial TNI tahun 2017. Yaitu terbaik satu Kodim 0308 Pariaman, terbaik dua Kodim 0312 Padang dan terbaik tiga Kodim 0309 Solok. Setelah pencanangan, juga dilakukan peninjauan lapangan terkait pelayanan KB di RS Tentara Bukittinggi. (Ylm)