B U K I T T I N G G I
detail news

29 Apr,2018 08:04

Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang Gelar “Gebyar Gotong Royong”

Guna memancing semangat generasi muda dan membiasakan betapa pentingnya budaya hidup bersih, LPM bersama Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi dengan memanfaatkan momen Manunggal Sakato XVI Tahun 2018 menggelar kegiatan dengan tajuk Gebyar Gotong Royong yang melibatkan masyarakat dan semua komponen yang ada di Kelurahan serta siswa sekolah yang ada di Kelurahan tersebut dengan jumlah 886 orang peserta, Sabtu (28/4).

Gebyar Gotong Royong yang melibatkan banyak komponen dan unsur masyarakat ini dibuka secara resmi oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang ditandai dengan penyerahan alat kebersihan kepada perwakilan siswa beberapa sekolah yang ada di Kelurahan Bukit Cangang yang dilaksanakan dalam sebuah apel di depan Kantor Lurah tersebut. Pembukaan ini terlihat dihadiri oleh Kadis.Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Camat Guguk Panjang, Lurah pada Kecamatan Guguk Panjang, Babinsa dan Babin Kamtibmas, LPM, Tokoh masyarakat dan ibu – ibu PKK Kel.Bukit Cangang Kayu Ramang serta Kepala Sekolah.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang terlihat begitu bersemangat dan senangnya melihat antusias dan partisispasi masyarakat yang hadir untuk mengikuti Gebyar Gotong Royong tersebut  dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan memelihara kebersihan lingkungan serta memunculkan kembali semangat gotong royong dikalangan generasi muda.

“Bukittinggi Kota Wisata untuk itu tidak boleh kotor, pagi ini mari kita bergotong royong sambil berolahraga, Bukittinggi telah dua kali mendapatkan Adipura untuk itu mari kita  pertahankan dengan membudayakan kebersihan di lingkungan masing – masing. Semangat gotong royong ini harus dijaga dan dipupuk, untuk itu terima kasih kepada tokoh masyarakat Bukit Cangang yang telah melibatkan dan mengajak sekolah – sekolah di lingkungannya dimana hal ini akan memunculkan rasa kebersamaan antar siswa dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungannya “, ujar Walikota.

Karena banyaknya dari unsur pendidikan yang hadir, Walikota Ramlan juga menyampaikan beberapa hal tentang perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan seperti pada tahun ini akan dibangun 5 gedung sekolah dan akan dilanjutkan pada tahun depan beberapa sekolah lagi, kemudian juga diingatkan kepada kepala sekolah agar lebih memperhatikan makanan dan jajanan anak – anak di sekolah baik itu di kantin sekolah dan dilingkungannya dan dipastikan itu baik untuk mereka.

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang YR Tuangku Majo Kayo mengatakan, Gebyar Gotong royong ini disamping memancing semangat generasi muda untuk budaya hidup bersih juga dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“ini adalah upaya kita bagaimana memancing generasi muda untuk hidup bersih dan memperhatikan lingkungannya, disamping membantu program pemerintah untuk kembali meraih Adipura di tahun ini juga memupuk rasa persaudaraan dan memupuk silahturrahmi antar sekolah serta menyambut datangnya bulan suci Ramadhan”, ujarnya.

Dikatakan juga bahwa kegiatan Manunggal Sakato di Kelurahan Bukit Cangang saat ini telah mencapai 90 persen dan Goro massal ini salah satunya sebagai penutup manunggal di kelurahan ini, disamping itu YR Tuangko Majo Kayo juga menyampaikan terima kasih kepada Walikota atas bantuan Masjid tahun 2017 yang lalu sebesar Rp.150 juta yang telah direalisasikan dan dimanfaatkan untuk pembangunan Masjid.

Gebyar Goro yang dimulai dari pukul 08.00 Wib. dan berakhir pukul 11.00 Wib. ini melibatkan seolah – sekolah dilingkungan Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang yakni SMP dan SMA Xaverius, SMPN 1, SDN 12 dan SDN 07 yang dikoordinir oleh masing – masing koordinator lapangan dengan titik kumpul SMPN 1 Bukittinggi. (Ylm)