B U K I T T I N G G I
detail news

26 Feb,2018 17:02

Musrenbang Kecamatan Guguk Panjang Digelar

Guna membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Kelurahan hasil Musrenbang 7 (tujuh ) Kelurahan yang menjadi program prioritas pembangunan di Kecamatan Guguk Panjang dan mengindentifikasi permasalahan pembangunan lintas kelurahan di dalam kecamatan serta merumuskan program dan kegiatan prioritas Kecamatan berdasarkan evaluasi pencapaian Renstra disamping itu membahas dan menetapkan kegiatan prioritas pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan Kelurahan, Kecamatan Guguak Panjang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembanguan (Musrenbang) yang bertempat di Aula Kantor Camat tersebut pada Senin, (26/2).

Musrenbang Kecamatan yang dibuka oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias ini dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD daerah pemilihan Guguk Panjang, kepala SOPD, Lurah, LPM, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Kecamatan, unsur oganisasi kecamatan dan delegasi kelurahan se-Kecataman Guguk Panjang.

Dalam sambutannya Ramlan menyampaikan bahwa usulan musrenbang kelurahan dan kecamatan nantinya akan dibahas di tingkat kota, untuk itu diharapkan setiap usulan tersebut merupakan kebutuhan prioritas yang akan dapat dimanfaatkan bersama masyarakat.

“Hasil musrenbang kecamatan nantinya diharapkan tidak bentrok dengan rencana yang sudah ada dan harus sesuai dengan visi dan misi pemerintah. Untuk itu musrenbang kecamatan diharapan dapat menghasilkan keputusan kegiatan prioritas yang sesuai dengan kebutuhan”, ujarnya.

Mengingat di kecamatan Guguk Panjang banyak memiliki sarana pendidikan dan umumnya sudah tidak baru lagi dan sudah harus direvitalisasi khususnya tingkat SD dan SMP, Walikota berharap kiranya untuk dapat dibangun melalui dana pokir anggota DPRD daerah pemilihan Guguk Panjang dengan konsep green school pada tahun 2019 mendatang.

Wakil Ketua DPRD H.Trismon mewakii anggota DPRD dari daerah pemilihan Guguk Panjang mengungkapkan bahwa pokir anggota dewan bertujuan untuk membantu pembangunan kelurahan yang tidak diakomodir dalam musrenbang, mengingat rehab sekolah juga merupakan kebutuhan prioritas, dewan di daerah pemilihan Guguk Panjang juga sepakat untuk mengarahkan sebagian dana pokir untuk sarana pendidikan tersebut.

“Untuk menunjang sarana pendidikan kita sepakat dengan menggunakan sebagian dana pokir, yang pasti program yang akan dibiayai tersebut harus memiliki status yang jelas dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Kegiatan yang telah disetujui diharapkan dapat segera dilaksanakan, jangan mengerjakan kegiatan dipenghujung tahun agar tidak terburu – buru dalam waktu pelaksanaannya”, ungkapnya.

Sementara itu, Camat Guguk Panjang Rispayanto menjelaskan, musrenbang kecamatan merupakan lanjutan dari musrenbang kelurahan yang dilaksanakan beberapa minggu lalu. Dengan musrenbang kecamatan, diharapkan terbuka ruang komunikasi antar stakeholder untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan sesuai dengan tema Musrenbang kali ini.

“Pada pra musrenbang kecamatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu telah menghasilkan sejumlah 31 kegiatan dari empat bidang yang akan dibahas dalam musrenbang kecamatan kali ini untuk didiskusikan dan disimpulkan serta diusulkan sebagai kegiatan prioritas yang akan diusulkan pada musrenbang tingkat kota Bukittinggi untuk dimasukkan pada kegiatan pembangunan tahun 2019”, jelasnya.

Sejumlah isu strategis untuk tahun 2019 yang mengapung di kecamatan Guguk Panjang antara lain seperti pembangunan aula serba guna, rencana pembelian tanah untuk kantor lurah ATTS  dan Pakan Kurai, rencana pembangunan Kantor Lurah Kayu Kubu dan belanja aplikasi, integrasi database Kelurahan dalam satu Kecamatan. (Ylm)