B U K I T T I N G G I
detail news

01 Jan,2018 16:01

Ratusan Ribu Pengunjung Nikmati Akhir Tahun di Bukittinggi

Ratusan ribu pengunjung memadati areal Taman Jam Gadang dan jalan – jalan protokol di Bukittinggi pada saat malam pergantian tahun dari 2017 ke 2018 yang berjalan tertib dan meriah, Senin (1/1/’18) walau beberapa saat sebelum menjelang pergantian tahun Bukittinggi diguyur hujan, namun tidak mengurangi animo masyarakat kota dan pengunjung untuk menikmati moment sekali setahun tersebut.

Kondisi ini sekaligus mematahkan prediksi ketua ASITA Sumbar terkait pemberitaan yang menyudutkan kota Bukittinggi pada surat kabar Harian Rakyat Sumbar terbitan tanggal 27 Desember 2017 dibawah judul “Tahun Baru, Bukittinggi Diprediksi Bakal Sepi”.

Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi bersama Kapolres, Dandim dan sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemeritah Kota Bukittinggi melakukan peninjauan lansung kelapangan dan turut berbaur dengan masyarakat pengunjung.

“Pemerintah Daerah tidak melaksanakan kegiatan penyambutan Tahun Baru dan kita juga telah menghimbau masyarakat dan warga kota untuk tidak merayakannya, setelah beberapa orang ditanya rata – rata pengunjung malam ini adalah pengunjung yang berasal dari luar daerah kota Bukittinggi, dan kita tidak mungkin melarang orang untuk mengunjungi kota kita dan sudah merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan mereka selama berada di kota kita ini”, ujar Walikota Ramlan.

Kemudian Ramlan juga mengapresiasi petugas pengamanan yang telah melakukan tugas dengan baik yang terutama dalam melakukan penutupan arus lalu lintas ke pusat kota serta telah menjaga ketertiban para pengunjung.

“kita mengucapkan terima kasih kepada petugas pengamanan yang telah menjaga kondisi tetap kondusif, sehingga pengunjung yang datang merasakan puas selama berada di Kota Bukittinggi karena memang Bukittingg adalah Kota Wisata yang punya magnet tersendiri dan masyarakat terlihat sangat menikmati dengan tertib sehingga kejadian yang tidak kita inginkan seperti tindakan kriminal dan maksiat maupun kejadian yang tidak kita inginkan dapat diantisipasi”, ungkapnya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, pada tahun 2018 ini Pemerintah Kota Bukittinggi berkomitmen untuk meningkatkan program pembangunan berbasis masyarakat baik fisik maupun non fisik, sehingga kinerja pemerintah kota lebih dirasakan dan terlihat nyata oleh seluruh komponen.

“Pergantian tahun merupakan momen untuk evaluasi dan introspeksi diri baik secara pribadi maupun seluruh jajaran Pemerintahan Kota Bukittinggi, terutama dalam hal menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai abdi masyarakat dan program pembangunan kedepan ditargetkan akan berjalan lebih optimal,” ujarnya.

Sejauh ini sambung Ramlan, Pemerintah Kota Bukittinggi telah menjalankan program dan kegiatan yang menyentuh lapisan masyarakat secara baik, kedepan berbagai program pembangunan akan terus dijalankan, serta dalam hal ini Pemko Bukittinggi juga minta masyarakat untuk lebih berpatisipasi, sehingga komitmen yang dijalankan sesuai dengan target yang direncanakan.

“Untuk itu SKPD sebagai perpanjangan tangan, diminta juga untuk lebih intensif dalam menjalankan program dan kegiatan, serta mengevaluasi sampai sejauhmana target yang telah dicapai sebelumnya,” pungkasnya.

Setelah bergantinya tahun, melalui pengeras suara dari tower Jam Gadang terdengar suara yang ditujukan kepada pengunjung untuk disilahkan meninggalkan lokasi taman Jam gadang dengan tertib untuk kembali ke rumah dan penginapan masing - masing, begitupun tempat – tempat hiburan agar dilakukan penutupan yang dihimbau dan diingatkan oleh petugas Satpol. Pamong Praja. (Ylm)