B U K I T T I N G G I
detail news

27 Dec,2017 20:12

33 Pengurus Saka Kalpataru Kota Bukittinggi Ikuti Orientasi dan TOT

Guna memberikan pemahaman tentang tugas, fungsi dan program kerja serta memberikan pemahaman tentang kepramukaan dan Saka Kalpataru bagi pengurus Saka Kalpataru Kota Bukittinggi, Dinas Lingkungan Hidup melakukan Orientasi dan Training of Trainers (TOT) kepada Mejelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Saka (Pinsaka) Kaplataru Kota Bukittinggi Masa Bhakti 2017 – 2019 sebanyak 33 orang yang terdiri dari unsur Dinas Lingkungan Hidup, Kwartir Cabang, Perguruan Tinggi, Dinas Pertanian, Bank Sampah dan Gugus Depan.

Orientasi dan TOT yang dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 Desember 2017 di Aula Balaikota Bukittinggi ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Setdako Bukittinggi Noverdi yang didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi Supadria, Rabu (27/12).

Dalam sambutannya Noverdi mengatakan bahwa Saka Kalpataru merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang merupakan wadah pendidikan dan pembinaan yang baik bagi generasi muda untuk sadar dan peduli lingkungan.

“Saka Kalpataru merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka di Gerakan Pramuka yang khusus bergerak dalam bidang cinta lingkungan hidup yang bertujuan untuk membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup, harapan kita kedepannya seluruh Gugus Depan di Kota Bukittinggi dapat mengikuti Saka Kalpataru ini sehingga dapat membentuk generasi yang sadar dan peduli lingkungan”, ujarnya.

Kemudian ditambahkan Noverdi bahwa Satuan Karya Pramuka Kalpataru merupakan wadah yang tepat untuk mengasah, menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat dibidang lingkungan hidup yang nantinya dapat menjadi bekal untuk penghidupan di tengah masyarakat, disamping itu diharapkan dengan generasi budaya sadar dan peduli lingkungan ini penghargaan Adipura, Adiwiyata dan Kota Sehat yang telah diraih Kota Bukittinggi dapat dipertahankan, harapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penataan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi Yurmaneli selaku ketua pelaksana mengatakan, “kegiatan Orientasi dan TOT bagi pengurus Saka Kencana ini diharapkan akan membentuk generasi yang mempunyai pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola dan menyelamatkan lingkungan, baik dalam mengelola sampah, mengatasi persoalan perubahan iklim, melestarikan keanekaragaman hayati dan persoalan lingkungan hidup lainnya”, ujarnya.

Kemudian Yurmaneli juga menjelaskan materi yang akan didapat oleh peserta Orientasi adalah Pengantar Kepramukaan, Pengenalan Saka Kalpataru, Peran Strategis Saka Kalpataru dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, Krida 3R, Krida Perubahan Iklim dan Krida Keanekaragaman Hayati serta Perumusan Program Kerja Saka Kalpataru. Sedangkan yang bertindak sebagai nara sumber adalah Nizwardi Azka dan Yudi Agus dari Kwartir Daerah Propisni Sumatera Barat. (Ylm)