B U K I T T I N G G I
detail news

21 Dec,2017 16:12

Puncak HUT DWP, Sudah Saatnya Perempuan Mengambil Peran Strategis dalam Pembangunan

Puncak Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke 18 di Bukittinggi berlangsung Kamis (21/12) di Hall Badan Keuangan Bukittinggi. Acara dibuka Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova yang juga merupakan Pembina DWP Bukittinggi. Didampingi Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Yessi Ramlan Nurmatias, istri-istri Forkopinda dan SKPD terkait Beserta istri.

Sri Haryati Khairul Ketua Pelaksana melaporkan HUT Dharma Wanita dilaksanakan tiap tanggal 7 September tiap tahunnya. Dalam HUT Ke 18 DWP di Kota Bukittinggi telah melaksanakan rangkaian kegiatan. Tema HUT adalah Pengembangan Kualitas Istri ASN Menuju Ketahanan Keluarga.

Pemasangan Spanduk HUT di setiap SKPD selama satu bulan, wisata dakwah sebanyak 150 di Pantai Mutiara Danau Singkarak yang diikuti dengan perlombaan dan Makan Nasi Bungkus Daun Tepanjang, Dharma Wanita Mengaji, Tadarussan antar Ketua Unit Pelksana, Pemberian Bantuan Sosial Budi Bhakti kerjasama dengan Korpri, Mengikuti Lomba Masak berbahan ubi di Propinsi, lomba Out Bond saat Wisata Dakwah.

Ketua DWP Kota Bukittinggi Muchlisah Yuen Karnova membacakan Sambutan Ketua Dharma Wanita Pusat Ny. Wien Ritolla Tasmaya Ulang Tahun Ke 18 suatu usia yang cukup dewasa untuk memperkuat peran serta perempuan dalam mensejahterakan bangsa. Sudah saatnya perempuan mengambil peran strategis dalam pembangunan nasional. Tahun 2017 ini merupakan progran pengembangan program DW. Dharma Wanita memiliki tempat yang kuar biasa sebagai mitra strategis pemerintah. Diharapkan seluruh DWP propinsi, kota, kecamatan hingga kelurahan dapat menyusun strategi kinerja yang jelas.

Perempuan Indonesia diperlukan dalam berkarya. Perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam pembangunan sesuai program prioritas yaitu pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Karena itu pengembangan kualitas anggota Dharma Wanita harus ditingkatkan. Harus kritis dalam menangkap isu isu strategis di tengah masyarakat. Termasuk implementasi gerakan hidup sehat masyarakat. Memberikan advokasi kepada masyarakat dalam mengatasi persoalan bangsa. Kekerasan perempuan terhadap perempuan dan anak, kekerasan seksual, penyalah gunaan narkoba cukup menjadi perhatian bagi kita kaum perempuan. Itu tantangan dan tanggung jawab kita kedepan. Peran serta DWP sebagai istri ASN sangat penting sehingga tujuan dari pembangunan nasional dapat kita wujudkan.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova dalam sambutannya mengatakan ulang tahun adalah momentum untuk evaluasi dan koreksi. Dalam rangka memaknai perjalanan waktu itulah kita maknai dengan peringatan ulang tahun. Sudah banyak kah yang telah kita capai, sejauh mana lagi target kita tercapai itulah makna sebenarnya dari peringatan ulang tahun.

Yuen Karnova mengakui kaum laki-laki tanpa kehadiran wanita akan rapuh dan cengeng. Laki-laki tidak akan bisa tidak didampingi wanita. Apalagi semakin berumur laki-laki akan semakin kurang mandiri. Kaum wanita perlu memahami hal itu. Sebagai istri pegawai negeri perlu memahami bahwa banyak persoalan dikantor, siapkan rumah yang nyaman dan tempat beristirahat yang indah, sediakan waktu dan kesempatan bagi laki-laki ASN untuk berkeluh kesah. Sehingga dibalik keberhasilan seorang laki-laki terdapat dukungan istri yang hebat.

Pahami juga seorang istri adalah seorang ibu bagi anak-anak. Siapkan anak-anak kita jadi gernerasi penerus yang cerdas dan berkualitas. Hari ini anak anak kita menghadapi persoalan yang jauh lebih berat dibanding saat kita kecil dulu. Mari luangkan waktu yang lebih banyak bagi anak anak kita. Semoga Dharma Wanita semakin mampu mewujudkan kiprahnya kedepan.

Hari Puncak HUT DWP ditutup dengan pemotongan Kue Ulang Tahun pengumuman pemenang lomba. Pemenang Lomba MTQ harapan 3 dari BPBD, harapan 2 dari unit Dinas Kesehatan, harapan 1 dari Dinas Penanaman Modal, juara 3 dari unit Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, juara 2 dari unit Kemenag, juara 1 dari unit IAIN. Lomba tadarus untuk semua ketua unit, pemenangnya harapan 3 dari unit dinasKkominfo, harapan 2 dari unit Umperl, harapan 1 dari unit Koperasi UKM, juara 3 dari unit IAIN, juara 2 dari unit Dinas Penanaman Modal, juara 1 adalah Ketua DWP Kota Ibu Is Yuen Karnova. (fika)