B U K I T T I N G G I
detail news

16 Nov,2017 15:11

SOSIALISASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN

Dalam rangka Penuntasan Kemiskinan  di  Indonesia khususnya Kota Bukittinggi, Kementerian Sosial Menambah Perluasan penerima bantuan Program Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Tahun 2018 sebanyak 2831, dimana sebelumnya Kota Bukitttinggi mendapatkan kuota sebanyak 954 KK untuk tahun 2017.

Dari jumlah perluasan tersebut  Kementerian Sosial melalui Pendamping, melakukan proses Verifikasi dan validasi  kesemua Wilayah Kelurahan  dengan menggunakan Aplikasi Android , proses verifikasi  dilakukan secara langsung dengan cara mengapload  foto penerima sasaran PKH tersebut .

Terkait perluasan atau penambahan kuota tersebut, Dinas Sosial melaksanakan Sosialisasi selama 2 hari pada tanggal 16 s/d 17 November 2017 di Aula Kampus Stikes Fort de Kock Bukittinggi, acara dihadiri oleh Seluruh Kepala Sekolah Dasar yang disekolah tersebut ada terdapat anak penerima PKH .  Juga dihardiri oelh SKPD terkait, Seluruh Camat dan Lurah, Kepala Depag, Kepala atau perwakilan Puskesmas/Puskel yang ada di Kota Bukittinggi. Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah  Yuen Karnova, SE .

Dalam Sambutannya Yuen Karnova  menyampaikan  bahwa  diminta kepada seluruh Pendamping untuk benar benar melakukan proses verifikasi kelapangan secara serius, agar penerima Program Keluarga Harapan  ini tepat sasaran yang benar benar sangat membutuhkan, juga kepada kepala sekolah  diminta untuk memverifikasi Siswa/I yang belum mendapatkan program ini agar melaporkan  ke Dinas Sosial  sepanjang masih  berada dalam Basis data Terpadu .

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Sosial Kota Bukittinggi Dra.Hj. Ellia Makmur.MM  menyampaikan dan meminta kepada seluruh Kepala Sekolah untuk memfasilitasi dan kerjasamanya dengan Para Pendamping untuk pelancaran proses verifikasi dalam memperlancar program PKH ini, agar semua anak anak khusunya anak sekolah yang kurang mampu dapat menjalani kehidupannya dengan baik, juga kepada puskesmas atau puskel yang ada dapat melayani peserta PKH sama dengan pasien lainnya. Beliau juga menyampaikan tujuan kita agar selain anak anak mendapatkan pendidikan yang layak juga anak anak dan ibu  hamil dapat pelayanan kesehatan yang layak .

Sosialisasi ini Dinas Sosial mendatangi Nara Sumber dari Dinas Sosial provinsi yang diwakili oleh Koordinator PKH untuk wilayah Sumbar Ibu Elsi  dan Pimpinan Cabang BRI Kota Bukittinggi