B U K I T T I N G G I
detail news

14 Nov,2017 16:11

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi Terima Sekretaris Balai Bahasa dan Budaya Australia

Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi bertempat di ruang kerjanya menerima Ellen Anderson Sekretaris Balai Bahasa dan Budaya Indonesia, Victoria dan Tasmania Australia didampingi Gusrizal Dt.Salubuak Basa yang juga merupakan seorang guru Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Selasa (14/11)

Ellen yang merupakan utusan dari Balai bahasa dan budaya Indonesia, Victoria dan Tasmania guna menjajaki program lembaga tersebut untuk tahun 2018. Ia mengaku sangat senang dapat berkunjung ke Bukittinggi dan mengatakan lembaganya tertarik untuk lebih mempelajari Budaya dan Bahasa Indonesia khususnya Bukittinggi Sumatera Barat. Dalam pertemuan tersebut, Ellen bermaksud untuk menjajaki peluang lebih mempererat hubungan dalam rangka diplomasi budaya dan bahasa antara Australia dengan Indonesia.

“kunjungan ini merupakan penjajakan awal program yang akan kami laksanakan pada tahun 2018 mendatang, yang bermaksud untuk lebih mempelajari budaya dan bahasa dengan membawa guru – guru dari berbagai disiplin ilmu ke sini pada tahun depan lebih kurang selama 2 minggu dan diharapkan bisa tinggal berbaur dengan masyarakat setempat”, ujarnya.

Ellen juga mengatakan setelah sekembali dari Bukittinggi akan segera melaksanakan rapat dengan tim-nya dan bermaksud akan merancang konsep yang berbeda daripada yang pernah dilakukan di Bandung dan Jogya dalam program serupa yang pernah dilakukan.

Sementara itu Wakil Walikota Irwandi mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Bukittinggi sebagai lokasi pembelajaran budaya dan bahasa bagi lembaga bahasa dan budaya Indonesia, Victoria dan Tasmania tersebut.

“atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih dipilihnya Bukittinggi sebagai tempat pembelajaran budaya dan bahasa bagi lembaga yang berasal dari Australia tersebut, nanti akan kita pelajari konsepnya dan tentunya akan dituangkan dalam MoU dan kita bisa melihat apa yang bisa dikerjasamakan nantinya”, ujar Wakil Walikota Irwandi.

Irwandi juga menambahkan, ini tentunya program yang sangat menguntungkan bagi Bukittinggi dan Australia dalam rangka misi budaya dan bahasa dan kita berharap juga ada kunjungan balasan nantinya dari guru – guru yang ada di Bukittinggi untuk belajar disana.

Kemudian Gusrizal Dt.Salubuak Basa yang juga sebagai seorang pengajar di salah satu sekolah di Australia yang mendampingi selama pertemuan tersebut mengatakan dibeberapa lembaga pendidikan menengah Australia sudah mengajarkan mata pelajaran bahasa dan budaya Indonesia, ini menandakan besarnya perhatian mereka terhadap Indonesia sebagai Negara tetangga, ujarnya. (Ylm)