B U K I T T I N G G I
detail news

07 Nov,2017 14:11

11 Kelompok Informasi Masyarakat Dikukuhkan

Hari ini, 11 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Bukittinggi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan Asisten I mewakili Walikota Bukittinggi pada Selasa (07/11) di Hall Balaikota Bukittinggi. Kelompok Informasi Masyarakat itu terdiri dari Camat, Lurah, Ketua LPM dan Pengurus Kelomok Informasi Masyarakat se Kota Bukittinggi.

Kepala Dinas Kominfo Bukittingalam berinformasigi Johnni mengatakan, pembinaan dan pengukuhan KIM nantinya diharapkan menginsiasi terbentuknya kelompok-kelompok yang konsern dalam mengelola informasi sehingga pada gilirannya dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

Pengukuhan dan pembinaan berlangsung pada Selasa (07/11) dan menghadirkan narasumber Kepala Diskominfo Propinsi Sumbar, Kepala Diskominfo Kota Bukittinggi, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik serta tenaga ahli.

Asisten I Setdako Bukittinggi Noverdi dalam kesempatan itu mengatakan KIM diharapkan menjadi jembatan masyarakat untuk saling berkomunikasi. Terutama dalam penyebarluasan informasi pembangunan dan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga dapat mendorong keberhasilan program-program yang sedang dan akan dijalankan.

KIM juga dapat membantu masyarakat memenuhi haknya berkomunikasi. KIM bertujuan mengatasi berbagai tantangan maupun persoalan yang dihadapi masyarakat dilingkungan mereka. Masyarakat bisa mencari informasi di berbagai media dan mendiskusikannya satu sam alain. KIM juga bisa mengundang atau meminta bantuan pemerintah memberikan penjelasan, penyulihan terhadap persoalan yang dianggap penting. KIM juga sebagai mitra pemerintah untuk menyebarkan berbagai informasi terkait kebijakan sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari kebijakan tersebut.

Karena itu Noverdi berharap kedepan KIM dapat berkarya dalam desiminasi informasi dengan memanfaatkan seluruh media informasi yang ada, guna mengurangi kesenjangan informasi dan menciptakan masyarakat informasi yang cerdas bermedia. (fika)