B U K I T T I N G G I
detail news

03 Nov,2017 14:11

Sosialisasi Lingkungan Hidup Bersih dan Adipura Bukittinggi

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi menyelenggarakan Sosialisasi lingkungan hidup bersih  di Hall Balaikota Bukittinggi, Kamis (02/11). Sosialisasi menghadirkan narasumber Alfi Fahmi ,Spi. Msi dari P3E Sumatera di Pekan Baru dan DLH Provinsi Ir. Vianti Zami.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi Supadria mengatakan sosialisasi bertujuan untuk mengajak masyarakat menciptakan kebersihan lingkungan yang sejuk, nyaman dan indah. Sosialisasi ini juga memberikan materi bagaimana cara menjaga lingkungan hidup supaya selalu bersih agar dan kualitas hidup lebih baik. Sosialisasi satu hari itu diikuti 30 peserta dari seluruh Kelurahan di Bukittinggi.

Dalam materi yang di sampaikan Ir. Vianti Zami dipaparkan harapan dinsos lingkungan hidup agar untuk tahun selanjutnya Bukittinggi bisa merebut dan mempertahankan piala adipura. Adipura didapat merupakan usaha selama ini yang telah dijalankan oleh masyarakat.  Seperti menjaga lingkungan, membersihkan lingkungan dan menjaga kota ini. Adipura adalah salah satu kegiatan dari program kementrian lingkungan hidup untuk memajukan kepala daerah seperti Walikota Bukittinggi yang bisa mendorong SKPD dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Materi kedua yang disampaikan oleh Alfi Fahmi menyampaikan bahwa piala adipura merupakan suatu kebanggan bagi warga kota bukittinggi dan berharap tahun depan piala Adipura bisa di raih kembali. Ia mengakui Adipura sangat dipengaruhi awalnya oleh pemerintah. Keberhasilan suatu piala adipura dipandang dari bagaimana warga berpartisipasi dalam kebersihan. Ada peran partipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan maupun kota.

Dalam Konsep dasar adipura tahapan pengembangan program adipura dari tahun 2015 s/d 2025 disamping kota bersih, sehat dan hijau  setelah itu kota tersebut harus ada kelanjutan dan hasil dari itu kita berkelanjutan, berdaya saing dan berkarakter. Berdasarkan Permen LH No.6 tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan program Adipura. Juga ada Permen LHK No P53/2016 tentang pelaksanaan program Adipura. 

Dalam konsep dasar adipura  di Permen LHK NO  p.53/MENLHK/SETJEN/Kum/1/6/2016 program adipura adalah program kerja kementrian lingkungan hidup dan kehutanan yang berlingkup nasional untuk mewujudkan lingkungan yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan dengan tujuan mendorong pemimpin kab/kota., membangun aktif partisipasi masyarakat dan usaha dunia, mewujudkan kota yang berkelanjutan baik secara sosial dan ekononi.

Dari acara sosialisasi ini Supadria mengharapkan seluruh kelurahan bisa membawa rakyat atau masyarakatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga materi sosialisasi yang di adakan bisa di wujudkan. Agar kota kita tetap terjaga kebersihanya. Dan tahun selanjutnya kita bisa meraih kembali piala adipura untuk kota Bukittinggi. (fika/suci)