B U K I T T I N G G I
detail news

30 Oct,2017 15:10

Pasar Atas Membara, Diperkirakan 350 petak Toko Pasar Atas Terbakar

Pasar Atas Bukittinggi membara, Senin (30/10) Hingga pukul 09.00 WIB api masih menjalar di lantai dua Pasar Atas khususnya blok C.

Data sementara sekitar 350 petak toko dari 760 lebih toko yang ada di Pasar Atas habis dilalap si jago merah. Selain itu juga ada ratusan PKL yang terdampak dengan kejadian ini.

Ed, petugas keamanan malam dari persatuan pengurus pedagang pasar bertingkat  (P4B) menjelaskan Api berasal dr blok c lantai dua sekitar pukul 05.30 WIB. Ketika melihat ada percikan api, petugas jaga malam langsung berupaya melakukan pemadaman menggunakan 12 APAR yang ada.

"Awalnya ada percikan api box listrik kecil di pertokoan blok c dan menjalar ke koridor menyambar melalui kabel dan besar di tengah pasar. Upaya pemadaman awal telah dilakukan, namun api terlalu cepat menyebar dan membakar seluruh petak toko lantai dua," jelasnya.

Walikota Bukittinggi didampingi Wakil Walikota bersama unsur forkopimda langsung membantu upaya evakuasi barang dagangan warga terdampak. Wako dan rombongan juga memantau kondisi saat api masih besar di lantai dua.

"Kami turut berduka, untuk langkah awal pemda menyiapkan mobil pick up dan truk agar membantu pedagang membawa dagangan pulang. Selanjutnya pemko akan lakukan rapat koordinasi langsung menentukan tempat penampungan sementara bagi pedagang," jelasnya.

Di sisi lain, Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial menjelaskan bahwa di DPRD sendiri siap membantu memfasilitasi untuk masalah penganggaran dalam penanganan kejadian ini.

"Kami harapkan pemda segera mencsrikan solusi terbaik khusunya untuk awal menyediakan tempat penampungan. Dari segi penganggaran DPRD siap membantu dan tetap mengacu pada aturan yang berlaku, agar tidak terjadi masalah lainnya," ujarnya.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIB. Terdata 20 unit pemadam, beberapa unit mobil PDAM, mobil PUPR dan 200 lebih petugas dari 9 kabupaten kota di Sumatera Barat termasuk BPBD, tagana serta PMI turun langsung membantu upaya pemadamanan tersebut. (fika)