B U K I T T I N G G I
detail news

23 Nov,2021 16:11

Wisuda Sekolah Keluarga Angkatan III Tahun 2021: Mewujudkan Bukittinggi HEBAT Dengan Memperkuat Ketahanan Keluarga

Sekolah Keluarga merupakan program Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) yang memiliki peran sebagai wadah edukasi yang paling efektif menjangkau masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar pada acara wisuda Sekolah Keluarga Angkatan ke-III Kota Bukittinggi yang digelar di Auditorium Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Selasa (23/11/2021).

Acara wisuda Sekolah Keluarga Angkatan ke-III tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, unsur Forkopimda Kota Bukittinggi, Kepala Kemenag Kota Bukittinggi, Kepala SKPD, Ketua LKAAM Kota Bukittinggi, Camat beserta Lurah, dan tamu undangan lainnya. Sebanyak 533 dari 700 orang peserta Sekolah Keluarga Angkatan ke-III diwisuda pada kesempatan tersebut.

Dalam sambutannya, Wako Erman Safar menyoroti ‘delapan fungsi keluarga’ sebagai tujuan dari penyelenggaraan program Sekolah Keluarga. Kedelapan fungsi tersebut adalah: fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi serta fungsi pelestarian lingkungan. 

"Keluarga merupakan organisasi paling kecil pada masyarakat yang seringkali disepelekan fungsi dan maknanya. Jika setiap keluarga sadar bagaimana (pentingnya) kedelapan fungsi ini, maka tidak ada masalah sosial dan masalah lain yang tidak dapat dicegah atau diatasi," ujar Wako Erman. "Kedelapan fungsi ini merupakan aktifitas kecil dan biasa di keluarga, namun sarat makna, " lanjutnya. 

Selain mewisuda peserta Sekolah Keluarga Angkatan ke-III, Wako Erman Safar bersama Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny. Fiona Erman Safar juga meresmikan peluncuran (launching) logo Sekolah Keluarga. Peluncuran logo tersebut diharapkan semakin mengokohkan jenama (brand) program Sekolah Keluarga ke depannya. Logo tersebut didisain oleh Aqil Abdul Gani, S.Sn, lulusan S1 DKV Universitas Negeri Semarang, putra dari Drs. H. Gazali, MA dan Nini Rahmi, SKM.


Kilas Balik 
Sekolah Keluarga merupakan salah satu program prioritas Pemko Bukittinggi sejak digulirkan pada tahun 2018. Program ini bertujuan untuk memperkuat ketahan keluarga di Kota Bukittinggi berdasarkan pada pelaksanaan ‘delapan fungsi keluarga’. 

Penyelenggaraan Sekolah Keluarga Angkatan ke-III tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Wako Erman Safar awal Maret 2021 lalu. Sekolah Keluarga Angkatan ke-III itu sendiri awalnya dilaksanakan pada tahun 2020. Namun, karena pandemi Covid-19, pelaksanaannya terhenti dan dilanjutkan kembali pada 2021. 

Peserta Sekolah Keluarga Angkatan ke-III awalnya tercatat sebanyak 764 orang yang tersebar di seluruh kelurahan. Materi dan bahan ajar dalam Sekolah Keluarga diberikan sebanyak 16 sesi pertemuan. Peserta program dinyatakan lulus dan dapat diwisuda apabila memenuhi ketentuan tingkat kehadiran serta membuat karya tulis. Terdapat lulusan terbaik di tiap-tiap kelurahan, yang didasarkan pada kriteria: tingkat kehadiran, penilaian terhadap karya tulis, keaktifan saat pembelajaran dan penerapan materi ajar terhadap diri sendiri, keluarga dan lingkungan, serta memiliki kepribadian yang patut untuk dijadikan teladan.

Dari 533 peserta Sekolah Keluarga Angkatan ke-III yang diwisuda hari ini oleh Wali Kota Bukittinggi, sebanyak 161 orang berasal dari Kecamatan Guguk Panjang, 186 orang dari Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, dan 186 orang dari Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh.

 

Kontributor: Ami, Foto: dokumentasi Dinas Kominfo (Agid/Afif)