B U K I T T I N G G I
detail news

20 Nov,2021 13:11

Terima Kasih, Kafilah MTQ Kota Bukittinggi

Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 di Kota Padang Panjang berakhir dan ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Jumat, (19/11/2021), sore di GOR Khatib Sulaiman, Banca Laweh, Padang Panjang. Acara penutupan tersebut juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenag RI Prov. Sumbar, unsur Forkopimda Prov. Sumbar, Ketua MUI Sumbar, serta Bupati/Wali Kota se-Sumatera Barat.

Meski diguyur hujan, acara penutupan MTQ ke-39 berlangsung khidmat. Dalam sambutannya, Wagub Audy Joinaldy berharap penyelenggarakan MTQ dapat menebar semangat kebaikan di Sumatera Barat. “Saya senang dan gembira karena pelaksanaan MTQ ke-39 di Kota Padang Panjang, dari pembukaan hingga penutupan berjalan lancar, aman, dan tertib. MTQ melahirkan gairah, semangat, antusias yang luar biasa dan semangat kebaikan di Sumatera Barat,” tutur Wagub Audy Joinaldy. 

Dalam perhelatan MTQ ke-39 ini, kafilah MTQ Kota Padang keluar sebagai Juara Umum, disusul Kabupaten Tanah Datar dan Kota Pariaman pada peringkat 3. Sementara, tuan rumah Kota Padang Panjang berada pada peringkat 7. Kabupaten Solok Selatan akan menjadi tuan rumah perhelatan MTQ Tingkat Prov. Sumbar berikutnya (ke-40) pada tahun 2023 nanti.  

Kota Bukittinggi Peringkat ke-8
Kafilah MTQ Kota Bukittinggi meraih prestasi maksimalnya dengan berada pada peringkat 8 dalam MTQ ke-39 Tingkat Prov. Sumbar Tahun 2021. Meski turun satu peringkat dibandingkan hasil yang dicapai pada MTQ ke-38 Tahun 2019 lalu di Kota Solok, namun pada beberapa cabang yang diperlombakan, kafilah MTQ Kota Bukittinggi berhasil meraih Juara I. 

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar melalui Kepala Bagian Kesra, Eryanson, yang juga selaku Ketua II Kafilah MTQ Kota Bukittinggi, ungkapkan rasa syukur atas capaian yang diperoleh kafilah Kota Bukittinggi kali ini. “Alhamdulillah,  kita bersyukur dengan capaian prestasi kaflah kita pada MTQ kali ini. Bapak Wali Kota juga menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi atas perjuangan maksimal kafilah. Kami mewakili segenap anggota kafilah MTQ Kota Bukittinggi juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Bukittinggi yang telah memberikan dukungan serta doanya,” ujar Eryanson.  

Perjuangan kafilah MTQ Kota Bukittinggi dalam perhelatan MTQ ke-39 Tingkat Prov. Sumbar yang berlangsung sejak 13 November 2021 lalu cukup membanggakan. Kafilah MTQ Kota Bukittinggi berhasil menembus babak final pada 11 cabang lomba. Berikut capaian prestasi kafilah MTQ Kota Bukittinggi dalam MTQ ke-39 Tingkat Prov. Sumbar Tahun 2021:
Juara I
Cabang lomba Tilawah Cacat Netra kategori Putri a.n. Jusmiarni
Cabang lombaTafsir Bahasa Indonesia kategori Putri a.n. Putri Syairah Laifa Khatunzer
Cabang lomba Kitab Standar kategori Putri a.n. Melvi Wahyuni
Cabang lomba Bintang Kasidah Anak-anak kategori Putra a.n. Frazioga Adinata 


Juara II
Cabang lomba Kaligrafi Kontemporer kategori Putra a.n. Yopi Andrivo
Cabang lomba Tahfiz 5 Juz non-Tilawah kategori Putri a.n. Naisya Alya Putri


Juara III
Cabang lomba Qiraat Mujawat kategori Putri a.n. Sri Nofita
Cabang lomba Tilawah kategori Putra a.n. Wahid Humam Habibi
Cabang lomba Tartil Qiraat kategori Dewasa/Putra a.n. Firdaus Akhiyar
Cabang lomba Tartil Umum kategori Putri a.n. Bella Agustin
Cabang lomba Tahfiz 10 Juz kategori Putri a.n. Syofianisa


Juara Harapan
Cabang lomba Tilawah Anak-anak kategori Putra a.n. M. Raffa Finov F. (Harapan I)
Cabang lomba MSQ kategori Putri a.n. Suci Ramadhani dkk. (Harapan II)
Cabang lomba Tartil Menengah kategori Putra a.n. M. Alfikri (Harapan II)
Cabang lomba Tartil Dasar kategori Putra a.n. Irsyad Mubarok (Harapan III)   
   

    

Kontributor: Afif/Ami, Foto: dokumentasi Dinas Kominfo (Agid/Bayu) & dokumentasi Kabag.Kesra Setda