B U K I T T I N G G I
detail news

14 Nov,2021 12:11

MTQ ke-39 Prov. Sumatera Barat Resmi Dibuka, Kafilah Kota Bukittinggi Optimis Raih Prestasi

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)Tingkat Provinsi Sumatra Barat ke-39 Tahun 2021 resmi dibuka, Sabtu (13/11/2021) malam di GOR Khatib Sulaiman, Banca Laweh, Padang Panjang, oleh  Menteri Agama RI yang diwakili Direktur Jenderal Bimas Islam, Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin, M.A. Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat. Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi juga hadir bersama para bupati/wali kota se-Sumatera Barat di panggung utama beserta tamu undangan lainnya.   

Cukup dinginnya cuaca Kota Padang Panjang malam itu, yang sesekali disertai gerimis, tampak tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk menyaksikan acara pembukaan. MTQ Tingkat Prov. Sumatera Barat ke-39 diikuti sebanyak 1159 peserta dari 19 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat, dan akan berlangsung hingga 19 November 2021.

Dalam sambutannya saat membuka MTQ ke-39, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin, M.A., harapkan penyelenggaran kegiatan MTQ dapat menghasilkan insan yang berkualitas, yaitu manusia yang berprilaku, bekerja, dan bermasyarakat, serta senantiasa condong  kepada jalan yang lurus. Juga, menjadi insan yang tidak hanya berbuat baik bagi dirinya sendiri, tapi juga mentransfer perbuatan baik tersebut kepada orang lain.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya mengajak masyarakat agar senantiasa melakukan refleksi diri dengan berzikir dan ber-tafakur, membangun akhlak, serta membaca, memahami, mengamalkan dan mendakwahkan ajaran agama Islam. "Diharapkan acara ini bukan hanya sebagai seremonial saja, melainkan (juga) untuk memiliki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur'an,” sebut Mahyeldi. “Sejatinya, MTQ ini dapat meningkatkan peradaban (yang) ditandai dengan perubahan pola pikir yang Islami,” lanjutnya lagi.

Kesiapan Kafilah MTQ Bukittinggi 
Wako Erman Safar melalui Kepala Bagian Kesra Eryanson, yang juga selaku Ketua II Kafilah MTQ Kota Bukittinggi, sebutkan kafilah Kota Bukittinggi optimis untuk mendulang prestasi dalam MTQ ke-39 Tingkat Prov. Sumatera Barat Tahun 2021 ini. “Alhamdulillah, kafilah Kota Bukittinggi semuanya berada dalam keadaan sehat. Kami semua termotivasi untuk memberikan yang terbaik serta meraih prestasi  dalam MTQ ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan doa serta dukungan dari warga masyarakat Kota Bukittinggi,” ujar Eryanson.  

Pada MTQ ke-39 Tingkat Prov. Sumatera Barat Tahun 2021, kafilah Kota Bukittinggi berjumlah sebanyak 90 orang, dengan jumlah peserta yang mengikuti cabang lomba sebanyak 59 orang. Cabang lomba yang diikuti kafilah Kota Bukittinggi dengan berbagai kategori antara lain, Tilawah, Qira’at, Tartil, Tafsir, Khat, hingga cabang Bintang Qasidah.

Prestasi kafilah Kota Bukittinggi pada penyelenggaraan MTQ ke-38 Tingkat Prov. Sumatera Barat tahun 2020 lalu berada pada peringkat 7. Prestasi terbaik Kota Bukittinggi selama keikutsertaannya dalam penyelenggaraan MTQ Tingkat Prov. Sumatera Barat pernah menjadi Juara Umum di tahun 1986.   

 


Kontributor: Afif/Shara, Foto: dokumentasi Dinas Kominfo (Bayu)