B U K I T T I N G G I
detail news

03 Sep,2021 16:09

Serahterima Jabatan Camat Mandiangin Koto Salayan, Wako: Susun Program Yang Gerakkan Seluruh Komponen Masyarakat

Pascapelantikan pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi oleh Wali Kota Bukittinggi tanggal 27 Agustus 2021 lalu, hari ini, Jumat, (03/09/2021), dilaksanakan serahterima jabatan Camat Mandiangin Koto Salayan, sekaligus pelantikan dan serah terima jabatan Ketua TP PKK Kecamatan Mandiangin Koto Salayan. Acara serahterima dan pisah sambut yang diselenggarakan di halaman kantor Camat Mandiangin Koto Salayan tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Wako Erman Safar dan Wawako Marfendi. Turut mengahadiri acara tersebut Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny. Fiona Erman Safar dan Wakil Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny. Nurna Eva Marfendi.  

Serahterima jabatan Camat Mandiangin Koto Salayan (MKS) dari pejabat lama, Erizal, S.Sos., kepada pejabat baru, Mihandrik, S.STP, M.Si., berlangsung sederhana dan khidmat. Tampak dalam barisan tamu undangan unsur Ninik Mamak dan Bundo Kanduang di Kecamatan MKS, Lurah se-Kecamatan MKS, Ketua LPM se-Kecamatan MKS, para kader PKK serta elemen masyarakat lainnya di Kecamatan MKS.

Wako Erman Safar dalam sambutannya sebutkan pelaksanaan rotasi dan mutasi pejabat di lingkungan Pemko Bukittinggi pada 27 Agustus 2021 lalu dilakukan dalam rangka penguatan pelayanan Pemko kepada warga masyarakat. Wako Erman Safar mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama Camat MKS, Erizal, atas pelaksanaan tugas dan pelayanannya kepada warga masyarakat Kecamatan MKS selama menjabat. Kepada pejabat Camat MKS yang baru, Mihandrik, Wako berpesan agar mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam melaksanakan tugas sebagai Camat. “Usulan, masukan, saran maupun kritikan dari ninik mamak agar diperhatikan dan dipelajari secara saksama. Setiap pelaksanaan tugas pemerintahan dan penyelesaian permasalahan yang menyangkut masyarakat agar dibaok mufakat,” pesan Wako.

Wako Erman Safar juga mengamanatkan kepada pejabat Camat MKS yang baru agar menyusun program dan kegiatan yang menggerakkan seluruh komponen masyarakat. “Susunlah program dan kegiatan yang menggerakkan LKAAM, KAN, masyarakat, pemuda dan komponen masyarakat lainnya, sehingga masyarakat (menjadi) aktif. Termasuk menggiatkan kegiatan keagamaan di tengah masyarakat,” sebut Wako.  

Sementara, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Ny. Fiona Erman Safar setelah melantik dan menyaksikan serahterima jabatan Ketua TP PKK Kecamatan MKS dari pejabat lama, Ny. Rosnelly Erizal kepada Ny. drg. Rika Mihandrik, mengucapkan terima kasih kepada pejabat Ketua TP PKK Kecamatan MKS yang lama atas sumbangsihnya dalam memajukan TP PKK Kecamatan MKS selama menjabat. “Kami berterima kasih kepada Ibu Rosnelly Erizal atas sumbangsihnya dalam kemajuan TP PKK Kecamatan MKS. Semoga amalan Ibu tersebut dibalas Allah Swt.,” ujar Ny. Fiona Erman Safar. 

Lebih lanjut Ny. Fiona menyampaikan harapan kepada pejabat Ketua TP PKK Kecamatan MKS yang baru dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih TP PKK Kecamatan MKS selama ini. “Semoga dengan telah dilantiknya Ketua TP PKK yang baru, prestasi yang telah diraih selama ini dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan,” ujar Ny. Fiona. “Semua orang tau bahwasanya Kecamatan MKS telah menorehkan banyak prestasi dan menyumbangkan penghargaan untuk Kota Bukittinggi melalui program-program yang melibatkan peran serta masyarakat,” sebut Ny. Fiona lebih lanjut.

Tokoh masyarakat Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, inyiak Dt. Sati sebutkan, segenap unsur masyarakat  Kecamatan MKS siap mendukung pelaksanaan tugas-tugas yang diemban oleh pejabat Camat MKS yang baru. “Di Kecamatan MKS terdapat dua kerapatan adat nagari, yakni Mandiangin dan Koto Salayan. Kedua kerapatan adat nagari tersebut merupakan mitra bagi Camat, yang akan membantu Camat dalam menjalankan tugas-tugasnya. Dalam kehidupan masyarakat Minangkabau, mufakat (adalah) yang paling penting,” ujarnya. (*)

 

Penulis: Denil
Foto: dokumentasi Dinas Kominfo (Bayu)