B U K I T T I N G G I
detail news

14 Aug,2021 13:08

Peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka di Bukittinggi: Pramuka Berbakti Tanpa Henti

Peringatan Hari Pramuka atau Hari Jadi Gerakan Pramuka ke-60 tahun 2021 di Bukittinggi dilaksanakan dengan pelaksanaan kegiatan apel besar di halaman Balai Kota Bukittinggi, Gulai Bancah, pada Sabtu, (14/08/2021), dengan Wali Kota Bukittinggi bertindak selaku Pembina Apel. Kegiatan apel besar tersebut juga diikuti oleh Forkopimda, Penjabat Sekretaris Daerah, Kepala Sekolah, Pembina Pramuka sekolah, serta Pembina Pramuka di SKPD Pemko Bukittinggi, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Wako Erman Safar dalam membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso, sebutkan, Hari Pramuka dan peringatan 60 tahun Gerakan Pramuka mengambil tema Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional dengan slogan "Pramuka Berbakti Tanpa Henti", yang merupakan inti dari tema tersebut. Oleh karena itu, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, seyogianya Pramuka di seluruh Indonesia menunjukkan laku disiplin, menahan diri, serta turut serta membantu upaya-upaya dalam rangka menganggulangi kondisi pandemi tersebut. 

Lebih lanjut, Ketua Kwarnas Gerakan Parmuka, dalam sambutannya sebutkan, sejak awal kondisi pandemi, Kwarnas Gerakan Pramuka telah membentuk satuan tugas untuk membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka menanggulangi Covid-19, seperti: pembagian alat pelindung diri (APD), melaksanakan vaksinasi untuk anggota Gerakan Pramuka, dan lainnya. Memasuki adaptasi kebiasaan baru dalam kondisi pandemi Covid-19, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka mengajak para Pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku, dengan menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat, menyalurkan kreatifitas, serta kegiatan lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.  

Sementara itu, dalam sambutannya, Wako Erman Safar mengingatkan para anggota Pramuka di Bukittinggi agar dapat menyesuaikan pelaksanaan kegiatan kepramukaan dengan kondisi belajar mengajar di sekolah. “Teruslah berbakti. Laksanakan kegiatan dibarengi dengan bakti, baik itu pembagian masker, memberikan edukasi tentang protokol kesehatan kepada keluarga, tetangga, maupun masyarakat. Namun, tidak lupa untuk selalu menjaga diri dan tidak boleh lengah. Jadilah panutan masyarakat dalam semangat memerangi Covid 19,” tutup Wako. (fika)