B U K I T T I N G G I
detail news

29 Apr,2021 16:04

Wako Lantik Pengurus Forum Kota Sehat Periode 2021--2024

Dengan berakhirnya masa kepengurusan periode 2018--2021, Wako Erman Safar hari ini, Kamis (29/04/2021), lantik jajaran pengurus Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi periode 2021—2024. Acara pelantikan pengurus baru Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi tersebut berlangsung di Hal Balai Kota Bukittinggi, Gulai Bancah. 

Dalam laporannya di awal acara, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Ismail, sebutkan pembentukan serta penetapan kepengurusan Forum Kota Sehat merupakan pemenuhan terhadap amanat Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat.  

Lebih lanjut Ismail juga menyampaikan salah satu fungsi yang diemban Forum Kota Sehat adalah menjembatani masyarakat dengan pemerintah dalam pelaksanaan rencana kerja Gerakan Kota Sehat. Oleh karena itu, sebutnya, susunan kepengurusan Forum Kota Sehat terdiri dari berbagai unsur, antara lain dari organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, pers dan lain sebagainya. Setelah beraudiensi dengan berbagai pihak, Ketua TP PKK Kota Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, dipilih sebagai Ketua Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi periode 2021—2024.

Ny. Fiona Erman Safar dalam sambutannya setelah dilantik sebutkan, keberhasilan Forum Kota Sehat dapat tercapai dengan kerjasama yang solid dari para anggotanya dan dukungan dari Pemerintah Kota melalui SKPD serta stake holder lainnya. Bersama kepengurusan yang baru, Ny. Fiona bertekad untuk mewujudkan kota Bukittinggi menjadi kota yang bersih, nyaman dan sehat. 

Sementara itu, Wako Erman Safar dalam sambutannya sebutkan, Forum Kota Sehat merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi untuk turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan di kota Bukittinggi yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya. 

Lebih lanjut Wako juga menekankan pentingnya pengaturan serta edukasi yang berkesinambungan kepada masyarakat guna memenuhi standar kesehatan. “Berikan peran aktif dan jadilah motor pendorong di tengah masyarakat untuk mewujudkan Bukittinggi sebagai kota sehat, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Wako. 

Wako Erman Safar juga sampaikan harapannya semoga Bukittinggi dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih sebagai Kota Sehat dengan kategori tertinggi , yaitu SwastiSabaWistara I, yang diperoleh tahun 2019 lalu.  

Berikut susunan kepengurusan Forum Kota Sehat Kota Bukittinggi periode 2021—2024,
Fiona Erman Safar, S.IP (Ketua), Ali Rahman, S.H, M.H (Wakil Ketua), Fakhrur Arrazi, S.E (Sekretaris), Dra. Hj. Yetti Herlina (Wakil Sekretaris), Siti Khadijah, M.Biomed (Bendahara). 

Pengurus inti juga dibantu oleh 12 orang Penanggung Jawab Tatanan, yaitu: Deny Calter, S.P, Syukra Alhamda,SKM, M.Kes,  Metrison Muis, Asril, S.E, Drs. H. Persalide, M.Pd, Wedi Hamdani, M. Taufik Hidayat, Rinaldi, S.Si, Syafril, H. Samsurijal, S.Pd, Asraferi Sabri.