B U K I T T I N G G I
detail news

04 Mar,2020 14:03

Wakil Walikota Ajak Warga Untuk Sukseskan Sensus Penduduk Online

Pemko Bukittinggi meminta masyarakat kota Bukittinggi untuk berpartisipasi dan memberikan dukungan serta menyukseskan Sensus Penduduk Online Tahun 2020 melalui situs https://sensus.bps.go.id.    

"Atas nama Pemerintah Kota Bukittinggi kita menghimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan memberikan dukungan sekaligus memberikan informasi kepada keluarga dan tetangga tentang pentingnya sensus ini supaya semua bisa terdata dengan baik”, ujar Wakil Walikota Irwandi di rumah dinas Wakil Walikota, Belakang Balok, Rabu (4/3).

Irwandi juga mengatakan sudah mengisi sensus ini, dimana menurut dia dapat diisi dengan mudah. “Alhamdulillah, saya sudah selesai mengisi sensus penduduk secara online tadi didampingi oleh petugas dari BPS. Caranya sangat mudah, namun jaringan internet harus dipastikan benar – benar kuat dan hanya memakan waktu lebih kurang 3 menit, “ ujar Wawako.

Selanjutnya dikatakan, pelaksanaan sensus penduduk secara daring (online) dimulai dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Saat ini jumlah persentase dari penduduk Bukittinggi yang melaksanakan sensus secara daring baru mencapai 2%. “Untuk itu dihimbau kepada masyarakat, karena pentingnya data penduduk ini guna kepentingan bersama yang termasuk untuk masyarakat sendiri, untuk itu mari kita memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam pendataan ini”, harapnya.

Sementara itu Kepala BPS Bukittinggi Mukhlis mengatakan sensus penduduk tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yakni dengan menggunakan sistim daring dan diakui terkadang terkendala dengan akses internet yang sibuk. Karenanya disarankan agar menggunakan waktu akses yang longgar dan jarang digunakan orang, seperti pada malam hari. Namun bagi warga yang belum terdaftar secara daring, petugas yang akan mendatangi nantinya

“Waktu sensus penduduk online akan berakhir pada 31 Maret 2020. Jika masih ada warga yang belum terdata, pada bulan Juli 2020 petugas kami yang akan mendatangi penduduk nantinya”, ungkap Mukhlis. (Ylm)