B U K I T T I N G G I
detail news

10 Feb,2020 17:02

Bukittinggi Kembali Raih Penghargaan SAKIP predikat BB

Awal tahun 2020, Pemko Bukittinggi menyabet prestasi membanggakan dibidang Akuntabilitas Kinerja dengan meraih Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan  predikat “BB”.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Tjahjo Kumolo pada acara penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah I di Radison Golf & Convention Center Batam Kepulauan Riau, Senin (10/2).

Penghargaan yang diterima Kota Bukittinggi pada tahun ini masih sama dengan tahun yang lalu yakni dengan predikat BB. Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias memberikan apresiasi yang tinggi kepada SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.

“Penilaian SAKIP ini menunjukkan bagaimana kemampuan Pemerintah Kota Bukittinggi dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat Kota Bukittinggi, tahun lalu Pemko Bukittinggi mendapatkan predikat BB dan tahun ini dapat dipertahankan dan bahkan ada peningkatan nilai,” ungkap Walikota Ramlan.

Dikatakan, hasil yang diperoleh merupakan cerminan dari kinerja Pemko Bukittinggi dan tentunya termasuk kinerja ASN- nya Bukittinggi, karena SAKIP sendiri merupakan sebuah instrumen yang digunakan pemerintah untuk mendukung tegaknya Reformasi Birokrasi Bidang Akuntabilitas.

Ramlan menjelaskan, dengan predikat BB ini berarti anggaran APBD telah digunakan untuk mencapai sasaran yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan ada kesesuaian dalam dokumen perencanaan mulai dari visi, misi dalam RPJMD, rencana strategis, rencana kinerja, program dan kegiatan. Dengan predikat nilai SAKIP yang diperoleh ini tentunya kita bersyukur, karena nilai tinggi ini membuktikan bahwa pemerintah  daerah telah berupaya membelanjakan anggaran daerah dengan efektif dan efisien dalam mencapai sasaran, terangnya.

Selanjutnya Ramlan berharap dengan prestasi tersebut akan menjadi penyemangat bagi seluruh Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bukittinggi untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.

Turut hadir mendampingi Walikota pada penerimaan penghargaan tersebut Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova, Ispektur Amri, Kepala Bapelitbang Rismal Hadi dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Ade Mulyani. (Ylm)