B U K I T T I N G G I
detail news

14 Aug,2019 17:08

Korpri Bukittinggi Qurban 7 Sapi dan 4 Kambing

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) kota Bukittinggi pada Idul Adha 1440 H atau tahun 2019 masehi ini, berqurban sebanyak 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Proses penyemblihan qurban bagi anggota Korpri Bukittinggi dilaksanakan di lingkungan Balaikota Bukittinggi, Selasa (13/08).

Asisten II Setdako Bukittinggi, Ismail, selaku panitia pelaksana, menjelaskan, untuk tahun ini, Korpri Bukittinggi kembali melaksanakan qurban. Kali ini, proses penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di lingkungan Balaikota Bukittinggi, beda dari tahun lalu yang penyemblihannya dilakukan di Rumah Potong Hewan. Qurban ini, menjadi salah satu upaya mempererat silaturrahmi bagi anggota korpri sendiri.

“Tahun ini ada 7 ekor sapi dan 4 kambing dari Korpri Bukittinggi yang disemblih sebagai hewan qurban. Harga sapi rata-rata Rp 18 juta dibeli dari Nagari Pariangan Tanah Datar dan telah dicek kesehatannya. Alhamdulillah peserta qurban dari Korpri bertambah, karena jumlahnya naik dari tahun lalu yang hanya 4 ekor hewan qurban,” jelasnya.

Daging qurban dari Korpri Bukittinggi ini, akan dibagikan kepada kusir bendi, anggota Pertuni Bukittinggi dan kaum muslim yang membutuhkan, seperti guru honor, petugas DKP, penjaga kantor dan beberapa pihak yang membutuhkan lainnya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kegiatan rutin setiap tahunnya ini. Qurban menjadi salah satu ibadah yang menitik beratkan kepada bagaimana saling berbagi dengan masyarakat yang membutuhkan.

“Kita berdoa semoga qurban kita diterima Allah SWT. Kedepan akan ditingkatkan jumlah peserta qurban, agar lebih banyak lagi daging yang bisa kita bagikan kepada masyarakat membutuhkan,” harap Ramlan.

Selanjutnya Wako juga menyampaikan, untuk pembagian daging qurban dari Korpri Bukittinggi, agan menggunakan bahan selain kantong plastik, seperti daun pisang dan bahan lainnya.

“Hal ini sesuai dengan himbauan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Jadi kami juga mengimbau kepada seluruh penyelenggara, agar dapat merayakan Idul Adha tanpa kantong plastik,” jelasnya. (Ylm)