B U K I T T I N G G I
detail news

21 May,2019 15:05

BAZNAS Bukittinggi Serahkan Zakat kepada 105 orang Mustahik Kecamatan Guguk Panjang

Bukitting, Humas - Setelah Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bukittinggi menyalurkan zakat kepada mustahik yang berada di Kecamatan ABTB dan Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, kali ini Baznas Bukittinggi kembali menyalurkan zakat kepada para mustahik yang berada di 7 (tujuh) kelurahan yang ada di Kecamatan Guguk Panjang yang bertempat di Masjid Jamik Tarok, Selasa (21/5).

Penyerahan zakat yang dilaksanakan secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias turut didampingi oleh pengurus Baznas Kota Bukittinggi, Asisten III, Yang mewakili Kemenag Kota Bukittinggi, Camat Guguk Panjang, serta para Lurah yang berada di Kecamatan Guguk Panjang.

Wakil ketua IV Bidang Administrasi Umum Baznas Sabir mengatakan, bahwa Kecamatan Guguk Panjang termasuk yang sedikit mustahiknya dibanding dengan kecamatan yang lain di Bukittinggi. Baznas ada keinginan untuk menaikkan jumlah yang akan diterima mustahik tetapi sampai saat ini masih belum bisa karena pembayaran zakat ke Baznas masih didominasi oleh zakat PNS.

“dari tahun-ketahun Baznas ada keinginan meningkatkan besaran yang akan diterima mustahik, namun saat ini belum dapat. Uang ini bukanlah uang Bbaznas tetapi uang para muzaki yang berzakat melalui baznas Bukittinggi, untuk itu do’akanlah muzaki untuk mendapatkan rezeki yang lebih”, ujarnya.  

Zulfikar mewakili Kemenag Bukittinggi mengatakan bahwa sampai hari ini telah lebih seribu mustahik yang disalurkan oleh Baznas, dan berharap zakat di Bukittinggi selalu meningkat.

“kita juga berharap zakat di Bukittinggi jumlahnya selalu meningkat, tentu juga tertumpang kepada para mustahik semuanya untuk mendoakan para muzaki kiranya menyalurkan zakatnya pada Baznas Bukittinggi, karena selama ini baru hanya para ASN Bukittinggi, untuk itu tolong dibantu dengan doa agar para pengusaha yang ada di Bukittinggi juga menyalurkan zakatnya melalui Baznas Bukittinggi”, katanya.

Selanjutnya Zulfikar menghimbau kepada mustahik agar memanfaatkan dana zakat tersebut untuk kepada yang lebih utama dan dianggap penting.

Sementara itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengajak para mustahik untuk lebih memperbanyak amal ibadah dibulan Ramadhan yang saat ini telah memasuki hari ke 16 Ramadhan, dan berharap akan dipertemukan kembali oleh Allah dengan Ramadhan yang akan datang.

Kemudian Ramlan berpesan agar mempergunakan uang yang diterima untuk hal – hal yang bermanfaat dan berdasarkan prioritas. Dikatakan, zakat ini merupakan zakat daripada pegawai pemerintah yang dipotong dan diserahkan ke Baznas dan ditambah dengan pengusaha yang menyalurkan zakatnya ke Baznas.

“manfaatkanlah zakat yang diterima dari muzaki ini dengan sebaik – baiknya untuk kebutuhan yang bermanfaat dan berdasarkan prioritas”, ujarnya.

Kemudian Ramlan juga mengajak para mustahik untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk menanam bawang prei dan seledri serta cabe dalam polibag dan juga diingatkan agar menghadapi lebaran dengan sederhana dan tidak berlebihan.

Para  mustahik yang mendapatkan zakat dari Baznas untuk kecamatan Guguk Panjang berjumlah 105 orang yang masing – masingnya mendapatkan Rp.400.000,- . dari Kelurahan Tarok Dipo sebanyak 39 orang, Keluarahan Bukit Cangang Kayu Ramang sebanyak 9 orang, dari Kelurahan Pakan Kurai sebanyak 18 orang, Kelurahan Aur Tajungkang Tangah Sawah sebanyak 14 orang, Kelurahan Benteng Pasar Atas 2 orang, Kelurahan Kayu Kubu 10 orang dan Kelurahan Bukit Apit Puhun sebanyak 13 orang. (Ylm)