B U K I T T I N G G I
detail news

15 Jun,2018 21:06

Hujan, Bukittinggi Bertakbir Digelar Di Rumah Dinas Walikota

Meskipun diguyur hujan, pelaksanaan Bukittinggi Bertakbir 2018 dalam rangka menyambut Idul Fitri 1439 Hijriah tetap dilaksanakan. Namun, penyelenggaraannya, dipindahkan ke rumah dinas Walikota Bukittinggi, Kamis (14/06) malam.

Bukittinggi Bertakbir 2018 diikuti langsung Walikota, Wakil Walikota, unsur Forkopimda, Sekda, Kakan Kemenag dan Kepala OPD di lingkungan pemerintah kota Bukittinggi. Selain itu, hadir juga sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua PHBI Bukittinggi, H. Khamidir menjelaskan, pada awalnya Bukittinggi Bertakbir akan dilaksanakan di pelataran Jam Gadang. Namun karena cuaca hujan dari siang hari, terpaksa pelaksanaan Bukittinggi Bertakbir dipindah ke rumah dinas Walikota.

“Kita harapkan, makna dari Bukitinggi Bertakbir tidak berubah, meskipun pelaksanaannya dipindah ke rumah dinas Walikota. Semoga tetap menjadi program rutin untuk tahun tahun kedepan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kakan Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda menyampaikan, terima kasih kepada seluruh pihak, karena kegiatan Bukittinggi Bertakbir ini, tetap dapat dilaksanakan dengan penuh semangat. Sementara itu, setelah satu bulan melaksanakan puasa Ramadhan, akhirnya umat muslim akan berpisah dengan bulan penuh berkah untuk tahun ini dan menuju hari kemenangan Idul Fitri.

“Pada sore hari, hilal coba dilaksanakan. Namun karena kendala hujan, prosesnya tidak dapat dilakukan. Tetapi, beberapa daerah lain seperti Jawa Timur yang juga melaksanakan hilal sudah menampakkan tanda masuknya bulan Syawal. Diperkuat juga dengan sidang Isbat oleh Kementrian Agama ynag memutuskan, 1 Syawal 1439 Hijriyah, jatuh pada tanggal 15 Juni 2018,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengungkapkan, Bukittinggi Bertakbir merupakan program rutin pemerintah kota sejak beberapa tahun terakhir. Walaupun untuk kali ini pelaksanaannya dipindahkan ke rumah dinas, diharapkan tidak mengurangi semangat untuk menyambut Idul Fitri 1439 H. Selain itu, pemerintah kota berkoordinasi dengan Forkopimda, juga telah menyiapkan sejumlah perencanaan untuk menciptakan kondisi kota yang aman dan nyaman.

“Sudah dilaksanakan beberapa perencanaan agar kota ini tetap aman, nyaman dan tertib, meskipun dipadati pengunjung dan kendaraan. Semoga dapat berjalan lancar dan sukses. Kami pun atas nama pribadi dan pemerintah kota mengucapkan selamat hariraya Idul Fitri 1439 Hijriyah. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin,” tutup Wako.

Bukittinggi Bertakbir, diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Zulkifli Ja’far dan ditutup dengan pemukulan bedug oleh Walikota, Wakil Walikota dan unsur Forkopimda. Dilanjutkan dengan lantunan kalimat takbir oleh perwakilan IPQAH. Selain itu, kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan oleh pelajar MTsN 1 Bukittinggi dan grup Tambua Ganto Rang Sapuluah. (Ylm)