B U K I T T I N G G I
detail news

21 Feb,2018 15:02

Diklat Prajabatan salah satu syarat bagi CPNS menjadi PNS

Sebanyak 19 orang CPNS Pemerintah Kota Bukittinggi mengikuti Diklat Prajabatan CPNS selama 8 hari dari tanggal 20 s/d 27 Februari 2018 bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Propinsi  Sumatera Barat, Jln. Raya Padang Basi-Indarung Padang.

Diklat Prajabatan yang dilaksanakan oleh BPSDM Provinsi Sumatera Barat ini merupakan kerjasama BPSDM Propinsi dengan beberapa BKPSDM Kabupaten/Kota dilingkungan Pemerintah Sumatera Barat. Untuk Kota Bukittinggi sendiri peserta diklat merupakan CPNS  Tahun 2017 yang berasal dari pengangkatan Bidan Tidak Tetap (PTT) formasi Kementerian Kesehatan sebanyak 16 (enam belas) orang dan Tenaga Bantu Harian lepas (TBHL) Penyuluh Pertanian formasi Kementerian Pertanian sebanyak 3 (tiga) orang.

Kepala BPSDM Propinsi Sumatera Barat, H. Rosman Effendi, SE, SH MM dalam sambutannya pada pembukaan Diklat Prajabatan  Senin (21/02) ini berharap agar setiap peserta mengikuti Diklat dengan sungguh-sungguh karena peserta merupakan orang-orang yang beruntung bisa diangkat menjadi CPNS melalui pengangkatan khusus. Oleh karena ini dalam pelaksanaan tugas dilapangan nanti peserta harus menunjukan kinerja yang baik apalagi kebanyakan dari  peserta merupakan tenaga kesehatan yang nanti akan turun langsung melayani masyarakat.

Diklat Prajabatan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Kepala Lembaga  Administrasi Negara No 16 Tahun 2017 tentang Perubahan  Atas Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Gol I, II dan/atau Gol III yang diangkat dari Tenaga Honorer Kategori I dan/atau II. Diklat ini sendiri adalah salah satu syarat bagi setiap CPNS  untuk diangkat menjadi PNS. Adapun tujuan dari Pelaksanaan Diklat Prajabatan ini sesuai PP Nomor 5 Tahun 2014 tentang Manajemen Pegawai Negeri  adalah memberikan pembekalan kepada CPNS dalam memulai tugasnya sebagai abdi negara, menciptakan aparatur negara yang berkarakter dan profesional.